Wednesday, January 9, 2019

Hipnoterapi Anak Bandal yang Tidak Nurut Perintah Orangtua


Halo Sahabat Pembelajar Hipnotis Hipnoterapi, Salam Dahsyat Luar Biasa!

Suatu kali pernah seorang sahabat menghubungi saya, "Pak, anak saya bandel banget nih.. hipnoterapi donk!" Yah, Sahabat saya tersebut mengeluhkan perilaku anaknya yang menurutnya bandel dan dia sudah capek menasehatinya, namun tidak ada perubahan sama sekali. Jangan-Jangan Anda sebagai orangtua pernah mengalamihal yang sama. Jika iya, maka Artikel ini bisa jadi solusi bagi anda. Selamat membaca

Dari kalimat sahabat saya tersebut, kita dapat memilah menjadi dua bagian.
1. Apa yang disebut dengan Anak Bandel?
2. Apakah Hipnoterapi bisa Mengubah Anak Menjadi Bandel?

Baiklah mari kita bahas satu persatu dengan sesederhana mungkin.

1. Anak Bandel.

Saya Pernah iseng bertanya kepada 10 orang teman (yang sudah menjadi orangtua) tentang definisi anak bandel, dan 7 dari 10 orang sepakat bahwa Anak Bandel adalah Anak yang Tidak Mau Menuruti Perintah Orangtuanya. Bahasa mudahnya, Gak Nurut!

Udah dibilangin jangan main game kelamaan, tetap aja kebablasan..
Udah dibilangin jangan pulang kemalaman, tetap aja pulang kemalaman
Udah dibilangin ngalah sama adiknya, tetap aja suka jahilin anaknya..
Kira-kira seperti itu-lah keluhannya.

Pertanyaan berikutnya adalah: Mengapa Anak Tidak Mau Menurut? Apa yang menyebabkan Anak tidak menuruti Perintah Orangtua?

Untuk hal ini, saya melanjutkan pertanyaan ini kepada 7 orangtua tersebut, dan sebagian besar jawabannya adalah karena perintah tersebut adalah sesuatu yang tidak menyenangkan bagi si Anak.

Agar Saya mendapatkan Jawaban atas Pertanyaan ini secara berimbang, maka saya juga melakukan hal yang sama kepada anak-anak yang biasanya saya terapi.

Pertanyaan saya sederhana:
1. Apakah kamu setuju jika disebut sebagai anak bandel?
2. Jika tidak, Lalu mengapa kamu sering tidak mau menuruti perintah orangtua?

Jawaban anak untuk pertanyaan pertama adalah: 9 dari 10 orang menjawab TIDAK SETUJU, dan sisanya tidak tahu. (intinya tidak ada satupun yang setuju).

Lalu saya lanjut tanya lagi, "Mengapa kalian sering tidak menuruti perkataan orangtua?"

Nah, yang menarik adalah jawaban mereka.

Apa yang mereka jawab? mereka mengatakan bahwa perintah yang diberikan adalah sesuatu yang tidak menyenangkan, jadi wajar donk kalau tidak nurut? Coba deh orangtua, kalau disuruh melakukan yang membuat mereka menjadi tidak senang, emangnya mau?

JLEB!!


Sebenarnya dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa orangtua dan anak-anak sama-sama mengerti bahwa perintah atau permintaan orangtua tersebut (yang membuat si anak tidak menurut) adalah sesuatu yang tidak menyenangkan bagi si anak. Namun bedanya adalah bagi orangtua, si anak disimpulkan sebagai anak bandal. Sedangkan bagi si anak, menolak perintah yang tidak menyenangkan adalah hal yang wajar.

Jika kita tanya jauh lebih dalam kepada orangtua, muncul-lah sebuah alasan yang keren dan bijaksana dari orangtua sehubungan dengan perintah yang tidak menyenangkan anak tersebut. Apa itu? Itu semua demi kebaikan si anak, karena orangtua tahu yang terbaik untuk si anak.


Komunikasi Efektif

Hipnosis dapat disebut juga sebagai keterampilan komunikasi persuasi yang efektif. Efektif di sini dapat terlihat dari apakah si anak selaras dengan apa yang kita minta. Jika kita minta si Anak melakukan A, dan si anak ternyata tidak melakukannya, maka orangtua sebenarnya sedang melakukan komunikasi yang tidak efektif.

Menurut Anda, yang perlu diubah terlebih dahulu siapa? yang menyampaikan pesan atau si penerima pesan? Yes! Tentu Saja si pemberi pesan.

Karena itu anda perlu mengubah pendekatan dan cara anda menyampaikan pesan atau sugesti dari anda kepada si anak.

2. Apakah Hipnoterapi bisa Mengubah Anak Menjadi Bandel?

Tentu Saja bisa! karena belajar hipnoterapi berarti belajar cara berkomunikasi yang lebih efektif dan lebih persuasif. Dan dalam artikel ini saya akan memberikan penjelasan solusi praktis yang bisa anda aplikasikan meskipun anda belum pernah belum belajar hipnosis dan hipnoterapi sama sekali.

Info Pelatihan Hipnoterapi bersama Coach Rezky Daniel, bisa dicek di sini!

Dalam artikel ini saya akan memberikan Dua Solusi Praktis berdasarkan Metode Hipnoparenting yang saya kembangkan dan terbukti berhasil untuk mengubah perilaku ratusan klien saya hingga saat ini.

Solusi Pertama: Orangtua harus Berubah Terlebih Dahulu

Albert Einstein pernah berkata, "jika anda melakukan hal yang sama namun meminta hasil yang berbeda, maka anda adalah gila!"

Jadi, yang perlu diubah adalah orangtuanya.
Saat orangtua berubah, maka anak dengan sendirinya akan berubah.

Jadi, yang perlu diubah adalah orangtuanya. Saat orangtua berubah, maka anak dengan sendirinya akan berubah. - (c) Rezky Daniel

Sebagai seorang Profesional Hipnoterapist, saya sudah sering menangani ratusan kasus yang berkaitan dengan perilaku anak.

Seperti saya pernah menerapi anak yang dianggap bandel dan tidak penurut oleh orangtuanya. Anak tersebut sering pulang larut malam, jarang di rumah, Anak tersebut ikut genk motor, Merokok, dan suka membentak orangtuanya.

Saat saya menemui anak tersebut di ruang klinik saya (tentunya hanya kami berdua), saya mendiskusikan mengenai keluhan orangtuanya, dan anak tersebut mengatakan:
  • Ngapain cepat pulang, kalau tidak ada siapa-siapa di rumah? Orangtua saya aja selalu pulang tengah malam. Masa saya diem di rumah jadi patung?
  • Wajarlah saya membentak, wong saya juga sering dibentak ayah saya.
  • Wajarlah saya ikut genk motor, kan mereka yang selalu hadir di saat saya butuh tempat untuk bercerita.
Lalu saya bertanya, "Apakah kamu pernah menyampaikan alasan kamu tersebut?"
"Yah gak pernahlah, kan gak pernah ditanya." jawabnya

dan memang saat saya konfirmasi ke orangtuanya, mereka tidak pernah menanyakan alasan-alasan anak tersebut.

Setelah tahu demikian, yang saya lakukan adalah saya tidak melakukan terapi kepada anak, yang saya lakukan adalah melakukan konseling kepada orangtua dan meminta mereka mengikuti Pelatihan Hipnoterapi saya.

Tidak sampai 1 bulan kemudian, orangtuanya mengatakan bahwa anaknya sudah mau berubah, sudah mau pulang ke rumah lebih cepat, sudah tidak membentak orangtuanya lagi, dan sudah tidak ikut genk motor lagi.

Saya tanya, apa yang terjadi bu?
Jawabnya sederhana, setelah pulang pelatihan, si Ibu tidak pulang larut malam lagi, Ayahnya tidak pernah membentak anaknya lagi, dan Kami selalu menyempatkan untuk mengobrol banyak hal bareng anak di ruang keluarga.

Luar Biasa!

Solusi Kedua: Hypnosleeping

Setelah anda berhasil menjalankan Solusi Pertama, anda bisa melangkah berikutnya ke Solusi Kedua, yaitu Menggunakan Teknik HypnoSleeping. Karena saya ingin menjabarkan materi ini dengan jelas, maka saya sudah buat khusus di artikel selanjutnya. Artikel dapat dibaca dengan klik di sini ya.

Semoga bermanfaat ya.
Jika anda ingin mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang menyeluruh tentang Hipnoterapi bisa Ikuti Pelatihan yang saya adakan di berbagai kota besar di Indonesia. Akan ada Harga Spesial untuk 10 pendaftar pertama, silakan cek info promonya di sini! atau klik di sini!

Salam Dashyat Luar Biasa!

©Rezky Daniel
- Certified International Hypnotherapist by IACT- USA 
- Founder smarthipnotis.com - Pusat Belajar Hipnotis Hipnoterapi Terbaik di Indonesia
- Founder klinikhipnoterapi.id - Klinik Hipnoterapi No.1 di Indonesia




Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi Sekarang Juga: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228
Via SMS TELP dan Whatsapp

Anda Menyukai artikel ini? Bagikan melalui :

Facebook Google+ Twitter
Join US