Tuesday, August 7, 2018

Esensi Utama di Dalam Hipnoterapi


Halo Sahabat Pembelajar Hipnotis!
Salam Dahsyat Luar Biasa..!

Selama 10 Tahun berkecimpung di dunia Hipnoterapi, Saya mengamati bahwa Mindset Para pembelajar Hipnosis, Khususnya Hipnoterapi masih banyak yang kurang tepat. Dari sekian banyak pengalaman yang saya temui di lapangan, ternyata ada dua mindset yang masih sering dimiliki, yaitu:


  1. Banyak Hipnoterapis fokus pada bagaimana cara untuk membuat klien memasuki kondisi hipnosis (trance) dalam waktu secepat-cepatnya (hitungan detik jika memungkinkan).
  2. Banyak Hipnoterapis fokus pada bagaimana bisa membuat klien "tidur" tanpa kata-kata

Kita bahas satu per satu,

1. Fokus membuat Kondisi Hipnosis secepat-cepatnya.

Mengondisikan klien ke dalam kondisi hipnosis biasanya disebut dengan proses induksi. Banyak sekali Hipnoterapis yang frustasi karena melakukan induksi terlalu lama, tak jarang juga hipnoterapis merasa proses hipnoterapi gagal hanya karena induksi yang dilakukan tidak sesuai dengan harapan.

Induksi yang dimaksud tentu saja seperti induksi yang dipelajari di kelas-kelas pelatihan, seperti: Progressive Relaxation, Dave Elman Induction, Rapid Induction, dan lain-lain.

Kebanyakan perhatian para hipnoterapis bahwa Kondisi Hipnosis adalah Tutup Mata & Rileks. Dan mereka akan terus mencoba memaksakan kondisi klien harus tutup mata dan rileks. Tidak salah, namun yang harus dipahami adalah Tutup Mata dan Rileks bukan satu-satunya Kondisi Hipnosis. Bagaimana jika ketemu klien yang sulit untuk rileks? seperti klien yang pikirannya sangat aktif, atau klien yang mengalami insomnia. Yah, mereka sangat sulit untuk Rileks, dan para terapis memaksa mereka harus rileks yah pasti sulit, dan dicoba berkali-kali yah hasilnya sama saja, mereka tidak akan bisa rileks.

Di kelas pelatihan, saya juga mengajarkan teknik-teknik induksi membuat klien memasuki kondisi hipnosis tanpa harus proses rileksasi. 

Bayangkan proses induksi sama seperti seseorang sedang memasuki suatu bangunan dimana untuk masuk ke bangunan tersebut, tidak selamanya harus menggunakan pintu depan, ada saatnya klien hanya bisa masuk melalui pintu jendela, atau bisa jadi masuk melalui pintu cerobong asap bangunan tersebut. Begitu juga dengan memasuki kondisi hipnosis, setiap klien punya pintunya masing-masing.

Jadi Esensi terpenting dalam hal ini adalah Bagaimana membantu Klien memasuki kondisi hipnosis melalui pintu yang tepat. Hal ini akan membuat proses induksi akan lebih efektif. 

Bagaimana cara mengetahui pintu yang tepat untuk klien? Bagaimana cara melakukan induksinya? Silakan ikuti Pelatihan saya terdekat di sini!!

2. Bagaimana "Menidurkan" tanpa Kata-Kata

Banyak sekali para peserta yang sangat kagum jika saya demonstrasikan teknik induksi tanpa kata-kata. Saya katakan bahwa Esensi Utamanya adalah bukan bagaimana kita mampu melakukan Induksi Tanpa Kata-Kata, tetapi yang lebih penting adalah Bagaimana membantu Klien memasuki kondisi Hipnosis senyaman mungkin, dan tanpa paksaan

Biasanya klien itu akan sangat merasa nyaman jika merasa dihargai dan diperlakukan dengan baik, dan kabar buruknya bahwa tidak semua klien nyaman dengan berbagai variasi induksi yang menggunakan metode "tanpa kata-kata".

Beberapa klien saya mengeluhkan bahwa sebelumnya menjalani sesi terapi dengan Terapis yang menggunakan induksi tanpa kata-kata. Mereka merasa induksi ini adalah proses yang penuh dengan nuansa mistis, yang justru membuat klien tidak nyaman dengan terapis.

Saran saya, jika memang ada pilihan alternatif induksi lainnya, silakan lakukan, dan jika anda memang harus menggunakan induksi dengan tanpa kata-kata, maka sebaiknya anda wajib menjelaskan secara detail dan ilmiah bagaimana induksi tanpa kata-kata ini bisa terjadi. Hal ini akan membuat klien akan merasa lebih nyaman saat menerima induksi tersebut.

----------

Jika kita memperhatikan lebih luas, kedua hal di atas adalah berbicara tentang satu hal, yaitu: INDUKSI. Yah, Benar, Bahwa kebanyakan terapis terlalu berfokus kepada proses induksinya.

Padahal Hipnoterapi Esensinya adalah Perubahan. Perubahan pada saat kapan? Yah tentu saja saat klien keluar dari kondisi hipnosisnya (atau setelah proses terminasi). Secanggih apapun teknik induksi anda, jika klien tidak mengalami perubahan, yah percuma atau sama saja tidak ada artinya.

Klien mendatangi Hipnoterapis tentu saja mencari orang yang bisa membantunya berubah. Karena itu, Hipnoterapis harus fokus kepada permasalahan klien dan memikirkan strategi terapetik yang dilakukan agar perubahan bisa terjadi.

Jadi, 

Esensi Hipnoterapi, bukanlah pada saat anda bisa "menidurkan" klien dalam hitungan detik.

Esensi Hipnoterapi bukan juga pada saat anda bisa "menidurkan" tanpa kata-kata..

Tetapi,

Esensi Hipnoterapi adalah tentang bagaimana membuat klien nyaman memasuki kondisi trancenya dan tentang bagaimana membantu klien keluar dari kondisi trance dengan membawa perubahan yang lebih baik (bahkan signifikan) pada dirinya sendiri.

Yah, Esensi Hipnoterapi bukan pada bagaimana tidurnya, tetapi bagaimana setelah bangunnya.

"Esensi Hipnoterapi bukan pada bagaimana tidurnya, tetapi bagaimana setelah bangunnya" - Rezky Daniel

Semoga Bermanfaat,
Salam Dashyat Luar Biasa!

©Rezky Daniel
- Certified International Hypnotherapist by IACT- USA 
- Founder smarthipnotis.com - Pusat Belajar Hipnotis Hipnoterapi Terbaik di Indonesia
- Founder klinikhipnoterapi.id - Klinik Hipnoterapi No.1 di Indonesia




Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi Sekarang Juga: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228
Via SMS TELP dan Whatsapp

Anda Menyukai artikel ini? Bagikan melalui :

Facebook Google+ Twitter
Join US