Thursday, December 1, 2016

Rahasia tentang PERSEPSI yang Perlu Anda Ketahui


Hari ini saat berwisata ke grup WA Smart Hypnotist Group, saya mendapatkan postingan Gambar dari Pak Septian Widasta dan Pak Sony Winata.


Gambar 1: Foto Einstein,


Tapi coba lihat kembali Foto di atas sambil menyipitkan mata Anda, maka anda akan melihat wanita sedang tersenyum. Betul? Mengapa bisa begitu?

Sebelum saya menjawabnya, silakan lihat gambar ke 2 di bawah ini.


Gambar 2: Angka 6 atau 9.
Kira-Kira Angka yang dilihat kedua orang tersebut Angka Berapa? Angka 6 atau 9? Pasti Anda akan mudah menjawab dengan kata "Tergantung".

Yes! Pemaknaan terhadap informasi yang diterima tergantung bagaimana cara kita melihatnya. Melihatnya dengan cara yang berbeda maka akan mendapatkan makna yang berbeda pula.

Mengapa bisa begitu? Jawabnya ada pada Gambar ke-3 di bawah ini.

Gambar 3: Filterisasi Informasi



Jawabnya adalah PERSEPSI. 

Saya membuat penyederhanaan bahasa seperti ini,
"Tidak ada yang disebut KEBENARAN, semuanya hanya PERSEPSI."
Masa sih?

Ok, sekarang Lihat warna gunung, yang benar warnanya apa? Ada yang akan jawab biru.. Lalu ada yang jawab Hijau.. Lalu ada yang jawab Cokelat..

Belum lagi kalau ditanya ke orang bule,
dia akan menjawab, "White", "Blue", atau "Green"..

Yang Benar yang Mana?? Belum lagi kalau yang menjawab adalah orang yang BUTA WARNA..

Belum Puas? Oke, contoh Lain.
Kita Masuk ke soal matematika anak SD, 1 + 1 berapa?
Anda mungkin pasti akan menjawab 2. Saya bilang belum tentu. Kok bisa? Tanya orang Programmer yang biasa bermain di bilangan biner yang terdiri 1 dan 0, maka 1+1 jawabnya pasti bukan 2.

Jadi sebenarnya kebenaran matematis yang selama ini kita pelajari hanyalah sebuah kesepakatan yang telah disepakati bersama. Kesepakatan inilah yang menjadikan sebuah dasar dalam memandang atau menyimpulkan sesuatu, yaitu PERSEPSI.

Dulu orang berkata bahwa BUMI itu DATAR, dan yang mengatakan bumi itu bulat pasti SALAH. Eh, di beberapa ratus tahun berikutnya malah terbalik, ternyata BUMI itu BULAT. Lalu direvisi lagi bahwa Bumi itu tidak benar-benar Bulat, tetapi agak memipih di bagian kutub-kutubnya. Lalu Akhir-Akhir ini berkembang lagi Komunitas FLAT EARTH dimana mereka meyakini bahwa TEORI BUMI BULAT itu SALAH.

Jadi BENAR atau SALAH itu Hanyalah PERSEPSI atau CARA PANDANG atau CARA kita MERESPON / MENGINTERPRETASI / MENANGGAPI Sesuatu Informasi yang kita terima dari melalui Panca Indera (VAKOG).

PERSEPSI seseorang akan ditentukan bagaimana orang tersebut mem-FILTER / menyaring informasi yang masuk. Seseorang memFILTER Informasi yang masuk dengan cara GENERALISASI, DISTORSI, dan DELETION. Pemahaman tentang FILTERISASI Informasi ini akan di bahas di Artikel tersendiri.

Hasil Penyaringan inilah membentuk sebuah REALITAS di dalam pikiran manusia. Realitas inilah akan menghasilkan PERSEPSI pada akhirnya.

BELIEVE SYSTEM


REALITAS inilah yang dianggap oleh orang tersebut sebagai KEBENARAN..

Ketika KEBENARAN ini DIYAKINI sebagai suatu HAL yang BENAR, maka KEBENARAN ini akan masuk ke dalam sebuah SISTEM KEPERCAYAAN atau BELIEVE SYSTEM.

Kalau SUDAH menjadi bagian dari BELIEVE SYSTEM, orang tersebut akan cenderung mempertahankan KEYAKINAN tersebut dengan cara TERUS mencari BERBAGAI ALASAN RASIONAL maupun TIDAK RASIONAL untuk TETAP mempertahankan atau MEMPERKUAT KEBENARAN yang DIANGGAP BENAR Tersebut.

Karena itu, berhati-hatilah ketika Anda berkata dan meyakini,
"SAYA ORANG SUSAH.." ,
"SAYA SUSAH KAYA.."
"SAYA BODOH.."
"Saya TIDAK BISA, TIDAK MAMPU, TIDAK MUNGKIN.."

Bisa jadi Hal tersebutlah yang menghambat DIRI ANDA untuk Bergerak / Move On.



BAGAIMANA APABILA sudah terlanjur TERTANAM KEYAKINAN-KEYAKINAN yang BURUK?

Caranya gampang! PERTANYAKAN KEMBALI KEYAKINAN-KEYAKINAN tersebut dengan MEMBERIKAN BUKTI-BUKTI yang dapat MELEMAHKAN BELIEVE SYSTEM tersebut!

Contoh:
Saya tidak mungkin jadi orang kaya karena saya lulusan SD.

Response:
Emang ga ada orang lulusan SD yang kaya? ada tuh si A , si B. Tinggal belajar dari dia.. Jika Dia bisa maka saya pun pasti bisa.

Contoh lain:
Saya punya ANAK yang BANDAL, tidak mungkin bisa berubah.

Response:Emang gak ada satupun orang di dunia ini yang awalnya BANDAL berubah jadi BAIK bahkan SUKSES? itu ada si A, si B. Jika dia aja bisa maka ANAK saya pun pasti bisa.

Dalam HIPNOSIS dan NLP, Cara diatas dikenal dengan istilah REFRAMING (Pembingkaian Kembali).

Dengan berlatih Memainkan PERSEPSI maka HIDUP Anda akan JAUH LEBIH INDAH dan BAHAGIA.

Semoga Bermanfaat.
Silakan untuk dishare.


Rezky Daniel
- International Certified Hypnotherapist
- Founder Smart Hypnotist Center

Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228
Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi Sekarang Juga: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228
Via SMS TELP dan Whatsapp

Anda Menyukai artikel ini? Bagikan melalui :

Facebook Google+ Twitter
Join US