Saturday, August 27, 2016

Sejarah Hypnosis Part 4

Salam Incredible!!


Ini adalah Bagian Terakhir dari Perjalanan Artikel mengenai Sejarah Hipnosis. Apabila Anda baru pertama kali membaca di website ini, sangat disarankan untuk mempelajari artikel-artikel sebelumnya.

Daftar Isi Bagian-Bagian sebelumnya:

Traditional Hypnosis (Part-1) >>> klik di sini!
Magnetism & Mesmerism (Part-2) >>> klik di sini!
Conventional Hypnosis (Part-3) >>> klik di sini!

Pada bagian terakhir ini, saya akan mengajak Anda semua untuk masuk kepada Generasi terakhir Hypnosis hingga sampai saat ini, yaitu Modern Hypnosis.


4. Modern Hypnosis

Pada masa ini peranan client dalam suatu proses hipnosis atau hipnoterapi memegang peranan penting. Para terapis mulai menggunakan gaya yang Permissive.

Tahun 1951 adalah tahun berdirinya National Guild of Hypnotist (NGH), yang merupakan organisasi hipnotis profesional pertama di dunia.

Pada tanggal 23 April 1955 British Medical Association (BMA) menyetujui penggunaan hypnosis dalam psikoneurosis dan hypnoanesthsia dalam pain management proses melahirkan dan pembedahan. BMA juga menyarankan agar semua dokter dan mahasiswa kedokteran menerima pelatihan Hypnotherapy Fundamental.

Th 1956 : Pandangan Gereja Katolik dan asosiasi Medis Amerika

Pada tahun 1956 Paus Pius XII memberikan persetujuannya terhadap hypnosis, mengubah pandangan Gereja Katolik Roma terhadap hypnosis yang sebelumnya telah melarang hipnotisme hingga pertengahan abad 20. Dia menyatakan bahwa penggunaan hypnosis untuk diagnosa dan pengobatan oleh tenaga medis profesional diperbolehkan.

Pada tahun 1958 American Medical Association (AMA) menyetujui laporan penggunaan hypnosis untuk kepentingan medis.

Dua tahun setelah persetujuan dari AMA, American Psychological Association (APA) menyetujui hypnosis sebagai cabang dari psikologi dan masuk dalam divisi 30.[2]

Tahun 1961 Ernest Hilgard and André Muller Weitzenhoffer menciptakan Stanford Hypnosis Susceptibility Scale (SHSS), dimana menjadi salah satu acuan dan skala kedalaman trance atau kondisi hipnosis.



Th 1901-1980 : Milton H. Erickson




"Peta Pikiran seseorang terhadap dunia sangat unik layaknya sidikjari. Tidak ada dua orang yang sama persis. Tidak ada dua orang yang memahami pernyataan yang sama dengan cara yang sama. Jadi, dalam menghadapi seseorang, Anda tidak boleh memaksa mereka untuk menyesuaikan terhadap konsep Anda atas sesuatu yang seharusnya menurut mereka." (Milton H. erickson)


Milton H. Erickson adalah seorang Psikiater Amerika Serikat yang mengkhususkan diri pada medical hypnosis dan family terapi. Erickson adalah pendiri dari American Society for Clinical Hypnosis.

Erickson berpendapat bahwa kondisi hypnosis (hypnosis state) atau trance adalah peristiwa alamiah yang kita alami sehari-hari. Erickson meyakini bahwa seorang terapis juga perlu masuk dalam kondisi trance ketika melakukan terapi. Kepiawaian Milton Erickson dalam melakukan hypnotherapy telah menarik perhatian Richard Bandler dan John Grinder, yang kemudian memodel Milton Erickson dan menciptakan Neuro Linguistic Programming (NLP).


Th 1900-1967 : Dave Elman

Dave Elman (1900 – 1967) menulis buku berjudul Exploration in Hypnosis[3], serta Hypnotherapy. Teknik induksi yang dilakukan Dave Elman sangat populer dan banyak digunakan oleh para Hypnotherapist dan dikenal sebagai “Dave Elman Induction“.










Th 1925-2002 : Dr. John Kappas

Dr. John Kappas adalah tokoh yang memberikan sumbangsih di dunia Hipnosis dengan mengidentifikasikan 3 tipe sugestibilitas, yaitu :
  • Emotional Suggestibility / Sugestibilitas Emosional
  • Phisical Suggestibility / Sugestibilitas Fisik
  • Intellectual Suggestibility / Sugestibilitas Intelektual

Th 1914 - 1995 : Charles Tebbets





Charles Tebbets adalah Tokoh Hypnosis yang dikenal sebagai "20th Century Pioneer of Client Centered Hypnosis" atau Pioneer Hypnosis berpusat pada Klien di Abad 20. Selama Tahun 1960 dan 1970an, Tebbets memperkenalkan sebuah teknik yang mengutilisasi berbagai aspek personality yang dia sebuat dengan "ego parts" atau bagian diri. Lebih lanjut Tebbets terkenal sebagai pionerr dari Parts Therapy.







Th 1913 - 2005 : Ormond McGill

Tokoh Terakhir adalah Ormond McGill, dikenal sebagai The Dean of American Hypnotists. Bukunya yang terkenal dan menjadi panduan para praktisi hipnosis adalah "New Encyclopedia of Stage Hypnosis".


Yah, Ada Banyak Nama-Nama yang menjadi Legenda di Dunia Hipnosis yang memberikan berbagai sumbangsih besar terhadap perkembangan Hipnosis hingga sampai hari ini. Saya yakin anda mendapatkan banyak pengetahuan dan informasi tentang konsep Hipnosis yang membuat Anda semakin yakin bahwa Hipnosis adalah Ilmu dan Pengetahuan yang sangat ilmiah, dan terus berkembang.

Lengkapi pengetahuan Hipnosis anda dengan mempelajari keterampilan Hipnosis bersama Trainer Terbaik.
Untuk info lengkap jadwal dan biaya pelatihan terdekat di Kota Anda, Hubungi:
Bu Yuda, Telp: 0812 8446 0494 atau WA: 0856 900 5878
PS. Anda juga bisa menawarkan diri sebagai EO Pelatihan di Kota Anda, dan dapatkan keuntungan baik secara finansial maupun non-finansial bersama Smart Hypnotist Center. Info lengkap, email ke: smarthipnotis@gmail.com dengan Format Judul Pesan (Subject) : Nama Lengkap (spasi) Kota (spasi) No.HP


Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Anda,
Salam Incredible!!!

Rezky Daniel
- International Certified Hypnotherapist
- Founder Smart Hypnotist Center

Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228
Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi Sekarang Juga: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228
Via SMS TELP dan Whatsapp

Anda Menyukai artikel ini? Bagikan melalui :

Facebook Google+ Twitter
Join US