Friday, August 26, 2016

Sejarah Hypnosis Part 2

Salam Incredible!!



Apabila ini merupakan yang pertama bagi Anda untuk membaca artikel mengenai Sejarah Hypnosis, saran saya, baca terlebih dahulu bagian pertama tentang Sejarah Hipnosis, klik di sini >>>>>


Di artikel kali ini, kita akan masuk ke zaman Magnestism & Mesmerism.

2. Magnestism & Mesmerism

Th 1493 - 1541 : Paracelsus (Swiss)


Zaman Magnetism, diawali oleh Paracelsus (1493-1541) yang adalah Dokter dari Swiss. Paracelsus tercatat sebagai orang yang pertama kali menggunakan media magnet dalam setiap pengobatannya. Ternyata banyak Pasien yang menyatakan dirinya sembuh setelah tubuhnya dilewati magnet oleh Paracelsus. Cara pengobatan seperti ini telah menginspirasi seorang Mesmer dalam pengobatannya.








Th 1727 - 1779 : Johann Joseph Gassner

Johann Joseph Gassner adalah Seorang imam Katolik yang tinggal di Klosters (Swiss). Pada waktu itu, Gassner percaya bahwa penyakit disebabkan oleh roh-roh jahat, namun bisa diusir dengan mantra dan doa.



Cara pengobatan yang dilakukan oleh Gassner adalah dengan membuat Pasiennya untuk duduk, apabila pasiennya lebih dari satu, maka seluruh pasien diminta duduk berbaris berjajar seperti barisan kursi gereja.Sebelum ritual dilakukan, Asisten Gassner mengawali dengan memberikan ceramah dimana salah satunya memberikan sebuah keyakinan kepada seluruh pasien bahwa tongkat salib Gassner dapat membuat mereka tersungkur di lantai hingga tidak sadarkah diri (apabila disentuhkan).

Dan ternyata, hal itulah yang benar-benar terjadi ketika Gassner menyentuhkan tongkat salibnya ke tubuh pasien satu per satu. Pasien yang tidak sadarkan diri, diberikan sugesti dan doa-doa pengusiran roh jahat oleh Gassner. Apabila Roh Jahat tersebut sudah diyakini telah keluar, maka Gassner membangunkan kembali pasiennya dan menyatakan bahwa mereka telah terlahir sebagai manusia baru.

Mesmer termasuk salah satu dokter yang sering menyaksikan cara pengobatan Father Gassner.


Th 1720 - 1792 : Maximilian Hell

Maximilian Hell Pendeta Jesuit dari Hungaria pada dasarnya dikenal sebagai ahli Astronomi terlebih atas Observasi beliau mengenai Planet Venus. Namun beliau juga memiliki ketertarikan di dunia penyembuhan atau terapi dimana Hell menggunakan lempengan logam sebagai media penyembuhan. Salah satu muridnya yang terkenal adalah Franz Mesmer.








Th 1734 - 1815 : Franz Anton Mesmer

Franz Anton Mesmer, seorang dokter Jerman yang tertarik kepada bidang astronomi, mengemukakan teori bahwa ada perpindahan energi alami yang terjadi antara semua benda bergerak (mahluk hidup) dan benda tidak bergerak (benda mati) yang disebutnya sebagai Animal Magnetism, yang kemudian disebut juga sebagai mesmerisme.

Lebih lanjut dalam teori ini, Mesmer meyakini bahwa ada kekuatan magnetik dan cairan universal yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh manusia. Apabila cairan dalam tubuh seseorang tersumbat atau tidak lancar maka orang tersebut menjadi sakit secara fisik ataupun mental.

Mesmer meng-klaim bahwa dirinya memiliki kekuatan magnetis yang mampu melepaskan sumbatan dan memperlancar aliran cairan dalam tubuh manusia dan menyembuhkan penyakitnya. Teori Mesmer terdengar ilmiah, dan kebetulan bertepatan dengan penemuan listrik dan perkembangan astronomi pada masa itu.

Mesmer diyakini sebagai dokter pertama yang memahami hubungan trauma psikologi terhadap penyakit. Dia memperkenalkan keadaan seperti trance kepada pasien, yang kelak dikenal sebagai mesmerism, dan dengan sukses mampu mengatasi kelainan pada saraf. Metode ini dinamakan sebagai animal magnetism dan populer dengan sebutan Mesmerisme. Teknik ini menjadi dasar bagi hypnotherapy modern. Melalui efek sugesti yang ditimbulkan dalam proses pengobatannya, banyak pasien yang berhasil disembuhkan dan membuat Mesmer menjadi terkenal & kaya serta menimbulkan pro dan kontra dikalangan dokter pada saat itu.

Tahun 1784 Raja Louis XVI membentuk komite khusus untuk menyelidiki metoda pengobatan Mesmer yang beranggotakan Ahli Kimia Antoine Lavoisier, dokter dan ahli Fisika Joseph Ignace Guillotin, Ahli Astronomi Jean Silvain Bailly, dan Duta Besar Amerika Benjamin Franklin. Komite tersebut menyimpulkan bahwa kesembuhan yang dialami pasien adalah akibat dari kepercayaan dan imajinasi pasien tersebut, dan tidak terjadi karena transfer energi yang tidak nampak (animal mesmerisme) dari mesmerist kepada pasiennya.

Evolusi dari ide dan praktik penyembuhan yang dilakukan Mesmer mendorong seorang ahli bedah Skotlandia bernama James Braid untuk mengembangkan hipnosis pada tahun 1842. Kata Mesmer kemudian menjadi akar kata untuk istilah "Mesmerisme".


Marquis de Puységur
Marquis de Puységur adalah Murid dari Mesmer, yang pertama kali menciptakan dan menjelaskan istilah Somnambulism, yaitu Kondisi Trance yang sangat dalam.


Abbé Faria
Abbé Faria adalah pendeta Portugis yang mengklaim bahwa fenomena magnetisme terjadi karena kekuatan pengharapan dan kerjasama dari dalam pikiran pasien. Teori Faria ini dikembangkan oleh penerusnya dan memberikan kontribusi yang besar terhadap teknik autosugesti.


Dr. James Esdaile
Dr. James Esdaile (1805-1859), Seorang dokter Skotlandia yang diberitakan telah melakukan 345 tindakan operasi besar termasuk amputasi dengan memanfaatkan keadaan trance mesmerisme sebagai anastesia alamiah, dan sampai sekarang istilah Trance yang sangat dalam ini dikenal sebagai Esdaile State. Karena fenomena Esdaile ini cukup menarik, saya sengajat membuatnya dalam satu artikel tersendiri. Anda bisa baca, klik di sini >>>>

Setelah Zaman Magnetism & Mesmerism, masuklah kepada zaman Conventional Hypnosis, dimana pada zaman inilah sebenarnya kata "Hypnosis"pertama kali dikenalkan. Menarik ya?

Silakan pelajari bagian-bagian berikutnya ya...

Apabila Anda tertarik untuk mempelajari Generasi Hypnosis berikutnya, silakan pelajari di:
Traditional Hypnosis (Part-1) >>> klik di sini!
Magnetism & Mesmerism (Part-2) >>> klik di sini!
Conventional Hypnosis (Part-3) >>> klik di sini!
Modern Hypnosis (Part-4) >>> klik di sini!


Selain itu, Pada akhirnya anda makin menyadari bahwa Hypnosis sebenarnya sudah berevolusi menjadi lebih logis, ilmiah dan dapat diaplikasikan ke berbagai hal di kehidupan kita.

Tidak hanya itu, Sekarang Hipnosis juga bisa dipelajari oleh siapapun termasuk Anda.
Untuk info lengkap jadwal dan biaya pelatihan terdekat di Kota Anda, Hubungi:
Bu Yuda, Telp: 0812 8446 0494 atau WA: 0856 900 5878
PS. Anda juga bisa menawarkan diri sebagai EO Pelatihan di Kota Anda, dan dapatkan keuntungan baik secara finansial maupun non-finansial bersama Smart Hypnotist Center. Info lengkap, email ke: smarthipnotis@gmail.com dengan Format Judul Pesan (Subject) : Nama Lengkap (spasi) Kota (spasi) No.HP


Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Anda,
Salam Incredible!!!

Rezky Daniel
- International Certified Hypnotherapist
- Founder Smart Hypnotist Center

Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228
Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi Sekarang Juga: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228
Via SMS TELP dan Whatsapp

Anda Menyukai artikel ini? Bagikan melalui :

Facebook Google+ Twitter
Join US