Friday, August 26, 2016

Sejarah Hypnosis Part 1


Mempelajari Hipnosis akan terasa belum lengkap apabila kita mempelajari Perjalanan Ilmu ini sejak zama dulu hingga sekarang. Mempelajari Sejarah Hipnosis juga membuat kita semakin paham Hipnosis itu sebenarnya seperti apa.

Informasi dan pengetahuan tentang Hipnosis ini saya ambil dari banyak referensi terpercaya yang saya kemas kembali dengan bahasa yang lebih mudah dipahami.


Saya mencoba membagi zaman keilmuan Hipnosis menjadi 4, yaitu:


  1. Traditional Hypnosis
  2. Magnetism & Mesmerism
  3. Conventional Hypnosis
  4. Modern Hypnosis
Mari kita pelajari Perkembangannya satu per satu. Saya minta Anda mempelajari setiap cerita di bawah ini dan pelajari pola-polanya, nanti Anda akan memahami Benang Merah dari Konsep Hipnosis itu seperti apa.

1. Traditional Hypnosis
Traditional Hypnosis hanyalah sebuah istilah dimana pada masa ini, kata "Hypnosis" sebenarnya belum ada, namun secara proses atau ritualnya, ternyata memiliki beberapa kesamaan dengan Hypnosis itu sendiri. Mari kita lihat timelinenya:

4000 SM - Ritual Pengobatan Di Assyo Babylonia
Berdasarkan data arkeologis diketahui bahwa di Assyo Babylonia, terdapat praktik pengobatan oleh pendeta dengan pemanfaatan pembakaran dupa dan pembacaan doa.
Api digunakan agar pasien konsentrasi. Sang pendeta memandang mata sang klien, pada saat yang sama disampaikan doa permintaan kepada Tuhan untuk mengusir penyakit. Selama proses penyembuhan diiringi dengan bunyi-bunyian tifa dan gong.

2000 SM - Ritual Pengobatan Di Wang Tai
Wang Tai peletak dasar pengobatan Cina mengajarkan bagaimana memanfaatkan pikiran pasien untuk membantu menghilangkan penyakit baik fisik maupun emosi. Kitab Hindu Weda bahkan mengajarkan metode agar pasien memfokuskan pikiran terhadap organ tubuh tertentu yang memerlukan penyembuhan.

1552 SM - Praktik Dokter di Mesir
Pada manuskrip di Mesir dilaporkan ada praktik dokter saat itu yang menyembuhkan pasiennya dengan cara tangan sang dokter memegang kepala pasien, sang pasien kemudian menutup mata dan konsentrasi kepada bagian tubuh yang sakit, Sang dokter memperoleh kekuatan untuk menyingkirkan penyakit.

1200 SM - Praktik Dokter di Yunani.
Dokter Yunani , Aesclepius melakukan ritual penyembuhan pada kuil suci tidur. Pasien diminta tidur dan mendapakan penyembuhan melalui mimpi. Tahukah Anda bahwa Kuil tersebut bernama Kuil Dewa Tidur atau The Temple of Hypnos.
Hypnos adalah Dewa Tidur dan Mimpi dalam Mitologi Yunani. Dan Dewa ini menjadi sumber inspirasi atas Penamaan kata "Hypnosis" yang kita kenala sampai hari ini.

1000 SM - Ritual Penyembuhan di Mesir
Di Mesir terdapat bangunan suci yang dipergunakan khusus untuk ritual penyembuhan. Pendeta melakukan penyembuhan dengan kekuatan sentuhan dan kata-kata.

928 SM - Chiron (Yunani)
Di Yunani, Chiron seorang dokter pada saat itu melakukan operasi dengan membuat pasien terlebih dahulu masuk ke dalam keadaan trance yang diperoleh melalui menghirup aroma wewangian dan mendengarkan rapalan doa.

400-377 SM - Hyppocrates (Yunani)
Dokter Yunani , Hyppocrates memperkenalkan keadaan trance yang merupakan proses penyembuhan juga bagian dari upacara pelulusan . Ia pecaya bahwa karakter, kepribadian dan sikap mental pasien berkaitan erat dengan tipe penyakit yang diderita. Bahkan Hyppocrates mengatakan “jauh lebih penting mengenal orang yang mengalami penyakit tertentu ketimbang mengetahui penyakit apa yang di alami orang”. Ia juga mengatakan “Rasa sakit dialami oleh tubuh, Sang jiwa melihatnya sambil menutup mata”.

300-270 SM - Raja Phyrus (Mesir)
Raja Phyrus dari Mesir adalah Raja-Pendeta yang menyiapkan tempat yang berguna untuk berdoa sekaligus tempat penyembuhan. Dia memberi nama “ Bangunan Suci Tidur”. Para peneliti menemukan pula dokumen dan gambar yang menunjukkan posisi tubuh pasien yang dalam saat ini dinyatakan sedang terinduksi dan mengalami trance.

70 SM - Kaisar Roma, Vespassian
Kaisar Roma, Vespassian mengatakan bahwa ia bisa melakukan penyembuhan hanya dengan menggunakan sentuhan. Injil menyatakan fenomena penyembuhan alamiah jiwa-tubuh hingga dengan kekuatan supranatural. Dengan keyakinan kepada Tuhan, adanya penyakit menandakan adanya hukuman, penyembuhan dimaknai dengan adanya pemaafan.

Tahun 1060
Raja Edward dari Inggris menyatakan ia dapat melakukan penyembuhan dengan menyentuh.

Bagaimana Menurut Anda, apakah Anda sudah menemukan Pola dan Benang Merah dari setiap cerita di atas dengan Konsep Hypnosis?

Ternyata Traditional Hypnosis merupakan inspirasi terhadap perkembangan di zaman berikutnya. Pola-Pola dari Traditional Hypnosis pada akhirnya berkembang menjadi lebih ilmiah dan lebih dapat diterima oleh Banyak orang.

Apabila Anda tertarik untuk mempelajari Generasi Hypnosis berikutnya, silakan pelajari di:
Traditional Hypnosis (Part-1) >>> klik di sini!
Magnetism & Mesmerism (Part-2) >>> klik di sini!
Conventional Hypnosis (Part-3) >>> klik di sini!
Modern Hypnosis (Part-4) >>> klik di sini!

Selain itu, Pada akhirnya anda makin menyadari bahwa Hypnosis sebenarnya sudah berevolusi menjadi lebih logis, ilmiah dan dapat diaplikasikan ke berbagai hal di kehidupan kita.

Tidak hanya itu, Sekarang Hipnosis juga bisa dipelajari oleh siapapun termasuk Anda.
Untuk info lengkap jadwal dan biaya pelatihan terdekat di Kota Anda, Hubungi:
Bu Yuda, Telp: 0812 8446 0494 atau WA: 0856 900 5878
PS. Anda juga bisa menawarkan diri sebagai EO Pelatihan di Kota Anda, dan dapatkan keuntungan baik secara finansial maupun non-finansial bersama Smart Hypnotist Center. Info lengkap, email ke: smarthipnotis@gmail.com dengan Format Judul Pesan (Subject) : Nama Lengkap (spasi) Kota (spasi) No.HP


Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Anda,
Salam Incredible!!!

Rezky Daniel
- International Certified Hypnotherapist
- Founder Smart Hypnotist Center

Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228

0 comments:

Post a Comment

Join US