Wednesday, March 2, 2016

Ada orang yang tiba-tiba ingin dekat dengan anda? Hati-Hati! Pahami Dua Tipe ini.


Artikel kali ini merupakan sebuah sharing berdasarkan pengalaman saya sendiri yang terjadi terhadap diri saya sendiri maupun kepada banyak orang yang dekat dengan saya dan mungkin juga terjadi pada diri anda semua. 

Pertemuan dengan seseorang memberikan kesan tersendiri kepada seseorang.. ada yang merasa terkesan, ada yang biasa saja, dan ada juga yang tidak terkesan sama sekali.

Saat saya memberikan sharing hipnosis kepada ribuan teman-teman perawat di Depok beberapa tahun silam, banyak yang menghubungi saya selesai acara baik via BBM, WA, FB maupun Email.. saya amati ternyata isinya berbeda-beda yang mengerucut kepada DUA TIPE orang, yaitu:
1. TIPE PEDAGANG
2. TIPE PARTNER

Catatan: Kedua istilah ini adalah istilah saya sendiri jadi tidak perlu diprotes ya..

TIPE PEDAGANG

adalah Tipe orang yang menghubungi kita karena membutuhkan sesuatu dari kita... Mereka melihat kita sebagai mesin penghasil sesuatu untuk mereka.. mereka fokus kepada untung-rugi.. yah seperti pedagang.. 

Contoh :
X: Pak Rezky, Ajarin Hipnotis juga donk
R: Boleh.. Ikut Pelatihan saya aja ya..
X: Jauh.. Ajari via Telpon aja... tapi Gratis ya..
R: Belum jadi murid aja udah nuntut banyak.. cari orang lain aja..

Yah intinya, mereka datang kepada kita karena untung rugi... untung rugi tidak harus melulu soal uang (material), namun juga bisa dalam bentuk non-material, seperti minta tolong sesuatu. 

Biasanya sih, menurut pengalaman saya, tipe seperti ini, Ketika mereka tidak membutuhkan kita lagi, maka dia akan pergi begitu saja.. dan pada saat butuh lagi , mereka akan datang kembali.. yah begitu prosesnya..

Hal ini akan terus terjadi Selama orang tersebut merasa kita masih dapat atau akan dapat memberikan apa yang mereka butuhkan...



Dua Ciri Utama :

  • Datang biasanya mengawali obrolan dengan pujian dan sanjungan..
  • Selesai dirasa cukup, mereka akan mengatakan tujuan sebenarnya...


Bagaimana Cara menangani orang dengan TIPE PEDAGANG?
1. Kalau merasakan dan melihat adanya tanda-tanda di atas, maka tidak perlu terlalu geer atau senang terlebih dulu dengan pujian yang disampaikannya.. kita tunggu aja sampai akhir pembicaraan, dia pasti akan meminta sesuatu.. nah fokus di masalahnya saja.. jika dia memikirkan untung rugi.. yah kita juga harus bisa melakukan hal yang sama.. 
"apa untungnya buat saya?" Jika ada, baik secara fisik maupun non-fisik (kebahagiaan tersendiri), ataupun merasa tidak ada kerugian sama sekali, silakan penuhi atau negosiasi permintaannya..

2. Jangan pernah berharap lebih kepada orang itu setelah anda memberinya. Bahasa kerennya nothing to lose atau harus tulus.. Sadari dia datang kepada anda bukan karena anda, tetapi sesuatu dari anda.. Jadi jangan pernah berharap lebih dari dia.. Misalnya jika suatu saat nanti, anda butuh bantuan dia, orang tersebut akan melihat untung rugi juga..



TIPE PEDAGANG ini juga bisa dibedakan menjadi dua Sub Tipe, yaitu:
- Tipe PARASIT, yaitu Tipe orang yang hanya mencari keuntungan sendiri tanpa mau peduli orang lain akan menjadi rugi atau tidak. Contohnya seperti percakapan di atas.

- Tipe MARKETING, yaitu Tipe orang yang mencari keuntungan sendiri dengan memberikan keuntungan kepada orang yang diajak ngobrol juga. Keuntungan tidak semata-mata uang, tapi juga bisa dalam bentuk "Promosi"/ Peluang Lainnya, dll.

Intinya dari Tipe Pedagang adalah semua pola komunikasi berakhir dengan Hukum Transaksional atau Untung Rugi.. Kalau ketemu orang dengan Tipe MARKETING, maka sangat cocok untuk dijadikan Peluang Bisnis, baik dalam Hal Kerja Sama Bisnis, dll.


TIPE PARTNER

adalah sebuah tipe orang yang menganggap seseorang menjadi rekan atau pasangan di dalam dirinya. Mereka mengutamakan kualitas Hubungan dibandingkan manfaat dari Hubungan ini sendiri. Mereka tidak mencari keuntungan, tapi lebih ke arah kenyamanan dan hubungan baik.

Bagi orang-orang dengan Tipe Partner ini, memiliki banyak teman adalah sesuatu yang menyenangkan... bahkan kalau perlu mereka rela agak rugi (waktu atau uang) sedikit, yang penting orang lain happy atau senang, seperti suka menghabiskan waktu dengan mengobrol dengan orang lain..

Ciri-Ciri TIPE PARTNER :
  • Suka ngumpul, datang ke acara-acara teman atau hangout.
  • Ketika orang lain punya masalah, suka datang untuk menghibur atau memberi solusi
  • Suka meluangkan waktu untuk memberi perhatian kepada orang lain.

Bagaimana Cara menangani orang TIPE PARTNER?
  1. Ketika mereka datang kepada kita, mereka suka mendengarkan cerita kita. Berikan Pujian Kepada Mereka. Itu akan menjadi sesuatu yang berarti bagi mereka
  2. Ingat nama mereka atau ketika berbicara sebutkan nama mereka. Itu sebuah tanda bahwa anda perhatian kepada mereka.
  3. Karena Relasi adalah penting, sediakan waktu untuk menyapa mereka atau sekedar membalas singkat SMS/WA/Comment FB/inbox/dll. Mereka mudah sakit hati apabila dicuekin.


SETIAP ORANG MEMILIKI DUA TIPE INI.

Betul sekali, setiap orang pada dasarnya memiliki kedua Tipe ini, walaupun dalam konteks tertentu seseorang bisa lebih dominan pada Tipe tertentu. Namun, yang terpenting, adalah Respon Yang tepat kepada orang yang tepat menghantarkan anda menjadi seseorang yang lebih berkualitas.

Maksudnya Apa?
Apabila Anda termasuk TIPE PARTNER ketemu seseorang dengan TIPE PARASIT, Anda harus bisa langsung mengubah Mindset.. dan berikan respon untuk orang-orang TIPE PARASIT. Jika tidak, biasanya anda akan sakit hati, saat mengetahui bahwa anda "dibuang" begitu saja setelah mereka mendapatkan sesuatu dari anda.

Respon yang Tepat akan menghasilkan Outcome yang Tepat

Disclaimer : Tipe di atas dan cara menanganinya adalah berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman sendiri, bukan dari buku atau teori tertentu.

Salam Hipnotis

Rezky Daniel

PELATIHAN SERTIFIKASI HIPNOTERAPI
http://pusatnlp.com/training-schedule/

---------------

PELATIHAN NEO-NLP PRACTITIONER CERTIFIED
http://pusatnlp.com/training/nlp-practitioner/

Rezky Daniel
- International Certified Hypnotherapist
- Founder Smart Hypnotist Center

Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228
Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi Sekarang Juga: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228
Via SMS TELP dan Whatsapp

Anda Menyukai artikel ini? Bagikan melalui :

Facebook Google+ Twitter
Join US