Thursday, February 18, 2016

Self Therapy (Healing) bagi Penderita Psikosomatik

Apa itu Psikosomatik?

Anda dapat menggunakan berbagai literatur tentang pengertian ini, dan simplenya Gangguan psikosomatik adalah salah satu gangguan untuk penyakit fisik yang disebabkan atau diperburuk oleh faktor kejiwaan/mental atau psikologis.


Beberapa penyakit fisik dianggap sangat rentan diperburuk oleh faktor mental seperti stres dan kecemasan, di antaranya gangguan kulit, muscoskeletal (otot, sendi dan saraf), pernafasan, jantung, kemih, kelenjar, mata dan saraf.

Beberapa orang juga menggunakan istilah gangguan psikosomatik ketika faktor kejiwaan menyebabkan gejala fisik, tetapi penyakit fisiknya sendiri sebenarnya tidak ada (tidak dapat dijelaskan secara medis).

Salah satu penjelasan psikosomatik yang dapat diberikan adalah bahwa emosi negatif mempengaruhi sistem otonom tubuh, hormon dan kekebalan terhadap beberapa penyakit. Depresi, kemarahan, dan isolasi sosial berkontribusi terhadap penyakit jantung. Stres di sisi lain, mempengaruhi asma, gangguan pencernaan dan banyak penyakit fisik lainnya.

Penelitian terbaru terus mengkonfirmasi peran faktor-faktor psikologis dalam penyakit jantung, John Hopkins University telah menemukan bahwa mahasiswa kedokteran yang mengungkapkan atau menyembunyikan kemarahan mereka, mudah marah, dan menggerutu tiga kali lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit jantung awal dan lima kali lebih berpeluang untuk mendapat serangan jantung dibandingkan teman sekelas mereka yang lebih tenang.

Dalam praktek, orang-orang yang berkecimpung di dunia medis seperti para dokter, semakin mengakui adanya keterkaitan antara faktor-faktor psikologis dengan penyakit fisik. Kenyataannya, diperkirakan sekitar 30% keluhan fisik yang ditangani dokter di ruang praktek terkait dengan masalah psikologis. Banyak dokter kini yang sudah mempelajari lebih lanjut tentang dunia pikiran (termasuk hipnoterapi), akan berusaha memahami masalah pasien secara keseluruhan dimana ikut mempertimbangkan baik faktor-faktor fisik maupun mental pasien.

Dalam Praktek saya sebagai hipnoterapis, menangani klien yang mengeluhkan penyakit psikosomatik adalah hal yang biasa. Ada banyak teknik-teknik di hipnoterapi yang dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan permasalahan psikosomatik.

Tentunya bagi Anda yang mungkin belum sempat atau tidak cukup dana untuk ke hipnoterapis anda bisa melakukan satu strategi atau tips untuk menangani bahkan bisa menyelesaikan gangguan psikosomatik anda.

Berikut ini langkah-langkahnya :

 

1. Picu rasa sakit fisiknya dengan melakukan atau membayangkan hal-hal yang dapat menyebabkan sakit fisiknya dapat muncul.
2. Temukan lokasi sakitnya dan letakkan kedua tangan anda di situ.
3. Lalu sekarang fokuskan pikiran anda pada rasa sakit itu, sambil posisi kedua tangan tetap berada di lokasi rasa sakit.
4. Sambil tetap fokus pada rasa sakitnya, yang perlu anda lakukan hanyalah menerima rasa sakit tersebut sebagai bagian pada diri anda. Sekali lagi diterima, diikhlaskan, bukan dilawan...
5. Sambil proses penerimaan rasa sakit ini, anda berikan sugesti ke rasa sakit tersebut, "Aku adalah kamu... kamu adalah saya.. kita adalah satu... aku mengasihimu sebagai bagian dari diriku.. maafkan diriku... aku memaafkanmu.." (lakukan berulang-ulang sampai rasa sakit reda atau hilang)
6. Tubuh akan melakukan proses adaptasi yang hebat. Tunggu beberapa menit, rasa sakit itu akan mereda dan hilang... Proses adaptasi ini, mirip ketika kita menghidupkan shower air panas, pertama-tama kita akan merasa panas, namun coba diterima saja panasnya, diikhlaskan saja, lama-lama tubuh kita akan terbiasa dengan rasa panas itu.
7. Apabila sudah reda atau hilang, ucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.
8. Ulangi kembali proses nomor 1, coba dipicu kembali rasa sakitnya, apabila rasa sakitnya masih muncul, ulangi lagi dari langkah nomor 2 sampai 7. Langkah nomor 8 dikatakan selesai, apabila saat dicoba dipicu kembali rasa sakitnya udah hilang.
9. Proses Terapi selesai.

Catatan:
Selama proses terapi ke diri sendiri, pastikan anda tidak melakukan exit, yaitu: saat proses adaptasi atau menerima, pikiran anda teralihkan ke hal lain, atau anda menyerah dan keluar dari rasa sakit itu.

Semoga bermanfaat!

Salam Hipnotis

Rezky Daniel

PELATIHAN SERTIFIKASI HIPNOTERAPI
http://pusatnlp.com/training-schedule/

---------------

PELATIHAN NEO-NLP PRACTITIONER CERTIFIED
http://pusatnlp.com/training/nlp-practitioner/


Rezky Daniel
- International Certified Hypnotherapist
- Founder Smart Hypnotist Center

Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228
Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi Sekarang Juga: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228
Via SMS TELP dan Whatsapp

Anda Menyukai artikel ini? Bagikan melalui :

Facebook Google+ Twitter
Join US