Wednesday, February 4, 2015

Cara Memunculkan Kebiasaan Baik dan Positif dengan Mudah!

Halo pembelajar Hipnotis,

Melalui artikel ini saya ingin membahas mengenai kebiasaan. Secara umum suatu kebiasaan yang kita timbulkan merupakan suatu tindakan berhasil yang pernah kita lakukan di masa lalu yang dilakukan secara konsisten. Misalnya jika dulu anda pernah mencuri suatu barang dan berhasil, lalu kita merasa senang, maka emosi rasa senang atas keberhasilan ini akan tersimpan dengan baik di bank memory kita yang terletak di pikiran bawah sadar dan apabila di suatu ketika di masa depan, kita dihadapkan pada situasi yang mirip atau sama, maka akan timbul suatu emosi yang mengakses kejadian di masa lalu kita dan tentu saja akan menghasilkan suatu keberanian untuk melakukan hal yang serupa lagi.


Jika ternyata berhasil lagi, dan kita semakin senang dan nyaman, maka pikiran bawah sadar akan merekam perasaan ini ke dalam pikiran bawah sadar untuk memperkuat perasaan sebelumnya. Apabila kejadian tersebut terjadi berulang-ulang maka akan muncul suatu otomatisasi (atau suatu program otomatis) yang dihasilkan oleh Pikiran dan Perasaan kita yang disebut dengan kebiasaan.

Kebiasaan atau habit dari suatu perilaku bisa baik bisa buruk tergantung bagaimana cara anda memandang. Jika dalam konteks di atas adalah tindakan mencuri, maka secara prinsipal, tindakan itu adalah tindakan yang salah karena melanggar hukum (ada yang ngeles : kalau mencuri hatimu, gimana pak? hahaha). Namun jika dalam konteks positif, maka itu akan bermanfaat bagi kita.


Bagaimana Kebiasaan Baik dapat Terbentuk?
Jika anda memahami konsep yang diajarkan oleh Pikiran Bawah Sadar pada awal artikel di atas, tentu saja anda akan memahami bahwa ada beberapa syarat terciptanya suatu kebiasaan, yaitu :
1. Pernah Berhasil (konteks positif)
2. Merasakan Emosi Positif atas Keberhasilan Tersebut
3. Kontinuitas (atau keterulangan)

Kebiasaan yang baik akan membawa dampak yang sangat baik bagi kehidupan orang tersebut, Orang Sukses pasti memiliki kebiasaan-kebiasaan baik dalam hidupnya. So, mau hidup sukses? maka miliki terlebih dahulu kebiasaan-kebiasaan baik tersebut terlebih dahulu.

Bagaimana Process Learning untuk mendapatkan kebiasaan baik?
Lalu bagaimana cara agar kita memiliki kebiasaan yang baik untuk mencapai tujuan kita? Gampang! Pahami suatu konsep ajaib, yaitu : "Hal Besar dimulai dari Hal Kecil".

  • Anda ingin mempelajari Matematika dengan Baik dan Sukses? Caranya yaitu Pelajari dari yang paling mudah sampai anda berhasil melaluinya, lalu rasakan emosi positifnya atas keberhasilan tersebut. Ulangi lagi proses tersebut sampai anda terbiasa. Jika anda sudah bisa merasakan nyaman, maka anda sudah memiliki kebiasaan baik terhadap soal-soal mudah. Sekarang anda lanjutkan ke level berikutnya yang lebih sulit dan ulangi prosesnya.
  • Anda ingin mempelajari Bisnis dengan Baik dan Sukses? Pelajari dari Bisnis yang paling mudah terlebih dahulu, bisnis kecil-kecilan, jika sudah berhasil dan terbiasa maka lanjutkan levelnya ke bisnis dengan nominal lebih besar.
  • Ingin sukses dalam mencintai orang lain? Pelajari dan lakukan perhatian-perhatian kecil kepada orang yang anda cintai lalu anda lanjutkan kepada perhatian-perhatian yang besar.

Sebenarnya Dunia kita sudah mengajarkan hal tersebut kok?
Masa sih?
Ya, Tentu saja!!
  • Anda mau sekolah, pasti dari TK atau SD dulu kan? tidak mungkin tiba-tiba jadi SMA
  • Anda mau menjadi seorang Top Manager? Tentunya anda tunjukkan dengan keberhasilan menjadi seorang karyawan level bawah.
  • Anda yang mau menghasilkan penghasilan miliaran per tahun? tentu saja dapatkan terlebih dahulu penghasilan jutaan pertahun.
  • Anda pernah melihat orang yang sangat penyabar? lihatlah bahwa hidupnya penuh dengan rasa syukur, karena orang bisa sabar karena banyak bersyukur dan terbiasa.


Belajar dari Permainan Game

Level Games
Coba perhatikan game-game yang ada di sekitar anda, khususnya yang terdapat di media elektronik yang anda miliki.

Biasanya game itu dimulai dari level easy (mudah) atau level 1, dimana anda membiasakan diri untuk menghadapi dan mengatasi tantangan di level mudah. Mungkin di level ini anda tidak akan berhasil pada percobaan pertama, tapi kita diminta belajar untuk berhasil dengan mencobanya kembali dengan cara atau strategi yang lebih baik. Lalu jika anda bisa melaluinya, anda akan memasuki level medium (menengah), yah anda anda akan ditantang untuk membiasakan diri dengan tantangan-tantangan yang lebih sulit lagi. Jika anda gagal di level medium, maka sampai kapanpun, anda tidak akan memasuki level hard (sulit). Jika anda berhasil melalui level medium, maka anda akan memasuki level yang lebih berat lagi, yaitu level hard (sulit).

Lalu, jika anda sudah terbiasa di level hard, coba sekarang mainkan kembali level easy? gimana rasanya? rasanya pasti gampangnya bukan main. Sama seperti anak SMA ditanya perhitungan 3 + 4. 


Bukankah Hidup itu juga seperti itu?
Anda menginginkan level kehidupan yang tinggi, tapi gagal terus. mengapa hal ini bisa terjadi? Jika anda sudah memahami artikel ini dengan baik, anda pasti bisa menemukan jawabannya.


Mari Miliki Kebiasaan yang Positif setiap hari!

Sebagai penutup, anda sangat saya sarankan untuk mempelajari The Seven Habits of Highly Effective People lalu The Eight Habits of Highly Effective People karya dari almarhum Stephen R. Covey. Temukan Kebiasaan-Kebiasaan apa saja yang dapat membantu anda untuk hidup lebih efektif.

Salam Hipnotis,



Rezky Daniel
- International Certified Hypnotherapist
- Founder Smart Hypnotist Center

Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228
Join US