Monday, January 12, 2015

Step by Step Teknik Self Hypnosis (Part - III/End)

Membuat, Mengingat dan Menggunakan Script.
Artikel ini adalah Lanjutan dari Part I dan Part II. Apabila Anda belum membacanya silakan membacanya terlebih dahulu sebelum membaca artikel ini.

Dalam teknik “self Hipnosis”, scripts merupakan kumpulan-kumpulan kalimat yang telah dirangkai sedemikian mungkin sehingga mudah diterima oleh pikiran sadar maupun bawah sadar. 

Biasanya script dapat Anda buat terlebih dahulu sebelum proses self hipnosis Anda lakukan. Script yang telah Anda buat  dapat dihafalkan terlebih dahulu baru kemudian dapat Anda ungkapkan saat proses self hipnosis dilakukan. Dalam membuat Script maka gunakan bahasa yang paling nyaman menurut Anda, bukan menurut orang lain, ataupun menurut artikel ini. Script pada saat self hypnosis sebaiknya disusun mulai dari tahapan Pra Induksi, Induksi, Pendalaman, Pemograman Diri dan Terminasi/Pengakhiran.
Kata-kata ”Saya” bisa diganti dengan ” Aku” atau bisa Anda ganti dengan ” Ane” , ”Gue” , ”Daku”, dll yang penting semuanya kata tersebut terasa nyaman saat Anda gunakan. Persiapkan script doa menurut ajaran dan kepercayaan Anda masing-masing selama proses self hypnosis untuk meningkatkan self belief (rasa keyakinan) dalam diri Anda.
Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam melakukan Self Talk, Chants, Affirmation dan mengingat Script antara lain :
  • Lakukan dengan suasana yang nyaman. Bagi yang telah memiliki anak dan suasana rumah yang kurang mendukung, maka sebaiknya carilah tempat lain yang lebih nyaman untuk melakukan self hipnosis. Mulai dari suhu, cahaya, tingkat kebisingan dan sirkulasi udara dalam ruangan perlu benar-benar Anda perhatikan.
  • Atur tubuh dan nafas Anda. Anda dapat duduk nyaman di kursi relaksasi Anda, atau Anda dapat memilih berbaring di tempat tidur Anda sebagai tempat yang paling rileks dan indah  di dunia ini. Penggunaan pakaian yang nyaman (tidak terlalu ketat), dengan pengaturan letak tubuh dan proses tarikan dan hembusan nafas perlu Anda perhatikan sebagai bagian dari proses menuju ke perasaan nyaman Anda.
  • Gunakan daya imajinasi Anda.Imajinasi adalah kunci sukses setiap “self talk”, “chants”, “affirmasi” dan “script” yang anda lantunkan. Sebagai contoh saat Anda mengatakan “ seiring tarikan dan hembusan nafas maka saya menjadi jauh lebih sehat”, maka imajinasikan bahwa oksigen yang Anda tarik dan karbon dioksida yang Anda hembuskan dapat divisualisasikan sebagai proses mekanisme yang memang memberikan efek penyembuhan dan perbaikan kepada tubuh. Imajinasikan dan  rasakan bahwa oksigen yang Anda hirup berupa sinar putih terang yang masuk melalui hidung, dan selanjutnya menuju kedalam rongga tenggorokan  dan diserap oleh organ paru-paru Anda dan kemudian disebarkan ke seluruh tubuh melalui aliran darah yang terpompa secara sempurna.Imajinasikan dan rasakan darah tersebut membawa sinar putih terang ke seluruh tubuh guna memberikan kekuatan dan penyembuhan kepada seluruh  sel-sel yang ada dalam tubuh Anda.
  • Gunakan seluruh emosi Anda. Imajinasi saja belum mencukupi sampai Anda benar-benar larut dalam sebuah perasaan. Perasaan bahagia dapat Anda ciptakan selama proses “self hipnosis”. Saat Anda mengucapkan kalimat “ Seiring dengan hembusan Nafas maka saya menjadi jauh lebih Sehat” maka Anda benar-benar mensyukuri makna hembusan nafas. Anda dapat berbahagia dan bersyukur kepada Tuhan bahwa Anda masih diberikan nikmat untuk dapat menghirup dan menghembuskan nafas. Dan saat Anda mengucapkan kata “ Menjadi jauh lebih sehat” maka gunakan emosi positif Anda untuk tersenyum bahagia, baik secara jamaniah maupun senyum secara rohaniah, percayalah bahwa sehat itu adalah anugrah yang tidak ternilai, Anda tersenyum karena sehat adalah nikmat seorang manusia yang diberikan Tuhan kepada seluruh hambanya.
  • Lakukan secara berkelanjutan. Jika sebagian dari Anda mengatakan bahwa “Self Hipnosis” tidaklah efektif, maka hal yang perlu Anda perhatikan disini bahwa “Self Hipnosis” tidak dapat dilakukan cukup sekali untuk seumur hidup atau sekali untuk menuntaskan seluruh permasalahan Anda. Setiap aktivitas yang dilakukan berulang-ulang secara otomatis menjadi bagian dari hidup Anda. Begitu juga “self Hipnosis”, semakin Anda melakukannya sebagai bagian dari aktivitas Anda sehari-hari, maka Anda dapat terlatih dan memudahkan Anda untuk cepat berkomunikasi dengan pikiran bawah sadar. Luar biasanya, daya imajinasi dan emosional Anda tanpa disadari terlatih dan terbiasa untuk menerima saran-saran, kata-kata dan kalimat positif yang seringkali Anda buat dan ucapkan selama sesi self Hipnosis.


Saya selalu menerima kesaksian bahwa beberapa peserta pelatihan merasakan tentang bagaimana sebuah keinginan dan pengharapan seringkali menjadi sebuah realitas atau kenyataan. Penulis pribadi seringkali melakukan sarangkaian latihan self hypnosis kapanpun dan dimanapun penulis berada. 

Sebagai contoh konkrit yaitu pada saat seseorang ingin pergi ke suatu mall tertentu, apabila sejak dari rumah ia memikirkan bahwa ia sangat kesulitan memperoleh parkir mobilnya, maka secara otomatis pikiran bawah sadarnya memprogram apa yang sedang ia pikirkan, dan secara realitas pada saat ia sampai di lokasi parkir mal tersebut ia kesulitan memperoleh parkir. 

Sedangkan jika Anda sekarang berkeinginan untuk menuju ke sebuah mall bersama keluarga Anda dengan menggunakan mobil kesayangan, maka pikirkan bahwa sebuah tempat parkir khusus menanti kedatangan Anda, dan kalaupun tempat parkir tersebut telah ada yang menempatinya, maka hanya hitungan detik saja, mobil yang ada ditempat parkir Anda tersebut perlahan-lahan meninggalkan tempat parkir yang telah Anda rencanakan di pikiran Anda.

Demikian Rangkaian dari Artikel Self Hypnosis (Part I s.d. Part III), Semoga dapat bermanfaat bagi Anda pembelajar Hipnosis dan Hipnoterapi. Apabila anda merasa lebih nyaman untuk diajarkan secara langsung, Silakan Ikuti Pelatihan Hipnoterapi yang saya selenggarakan. Jika menurut anda, Self-Hypnotherapy, bisa membantu anda, maka uang yang anda keluarkan untuk mengikuti Pelatihan ini akan terasa kecil sekali dibandingkan manfaatnya.


Salam Dahsyat Luar Biasa

Sumber : Buku Hipnoterapi Karya Andri Hakim, 2010


Rezky Daniel
- International Certified Hypnotherapist
- Founder Smart Hypnotist Center


Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228
Join US