Friday, January 9, 2015

Step by Step Teknik Self Hypnosis (Part - I)

Step By Step Teknik Self Hypnosis
Self hipnosis merupakan teknik hipnosis yang dilakukan tanpa bantuan orang lain. Teknik ini bersifat mandiri dan sangat bagus untuk meningkatkan sistem keyakinan diri (Self Belief) seseorang. Namun, untuk permasalahan yang bersifat kompleks dan membutuhkan komunikasi dua arah diperlukan seorang pendamping (hipnoterapis) yang dapat mengarahkan Anda kesebuah solusi konkrit yang praktis.

Untuk memudahkan konsep Self Hypnosis, maka berikut ini merupakan langkah-langkah seseorang melakukan self hypnosis berdasarkan waktu yang dibutuhkan.

Struktur Waktu Self Hypnosis
Langkah-Langkah Self Hypnosis
Penggunaan Waktu
1. Persiapan dan Relaksasi (Set Up & Relaxation)5 -10 menit (tergantung kondisi)
2. Tes Critical Area15—20 menit (tergantung kondisi)
3. Relaksasi Pendalaman3 menit
4.Pemograman diri (self Programming) :
  • Self Talk
  • Chanting
  • Affirmation
10—15 menit ( tergantung imajinasi)
Pengakhiran (Ending)5—10 menit (tergantung kondisi)
Total Waktu35—55 menit
Ingat! Semakin sering Anda melakukannya, semakin sedikit waktu yang dibutuhkan.
 Untuk mengatasi permasalahan-permasalah yang bersifat ringan maka teknik ini relatif efektif karena dapat dilakukan sendiri kapan saja dan dimana saja. Saat memasuki kondisi rileks total dan berada dalam kondisi hipnosis.
Guna memudahkan pemahaman tentang teknik self hypnosis ini, Anda dapat mengikuti struktur singkat yang sangat mudah untuk dipahami berikut ini :
Langkah-Langkah Self Hypnosis
Level Gelombang Pikir Manusia
Kalimat yang Digunakan
1. Persiapan dan Relaksasi (Set Up & Relaxation)Level BetaYa Tuhan, Saya siap Melakukan Self Hypnosis untuk menenangkan diri saya
2. Tes Critical Area :
  • Mata
  • Tangan
  • Kaki
Level Beta Menuju Alpha
  • Wahai kedua belah mata, aku minta engkau untuk sangat rileks, semakin aku ingin membuka kedua belah mata ini, mata memilih untuk beristirahat (rasakan semakin Anda ingin membuka mata, mata Anda memilih untuk tetap dalam keadaan menutup)
  • Wahai kedua belah tangan, aku minta engkau untuk sangat rileks, semakin aku ingin menggerakkan kedua tangan ini, tangan memilih untuk diam (rasakan semakin Anda ingin menggerakkan tangan, tangan Anda memilih untuk diam)
  • Wahai kedua belah kaki, aku minta engkau untuk sangat rileks, semakin aku ingin menggerakkan kedua kaki ini, kaki memilih untuk diam dan rileks (rasakan semakin Anda ingin menggerakkan kaki, kaki Anda memilih untuk diam)

3. Relaksasi PendalamanMulai memasuki sensasi Alpha ringanSeiring dengan Tarikan dan Hembusan nafas, maka saya masuk dalam kondisi rileksasi total dan seiring dengan hitungan mundur yang saya lakukan saya benar-benar larut dalam kondisi rileksasi total, Lima….Empat…Tiga…Dua…Satu…. (Hitungan sebaiknya dilakukan secara mundur, berikan jeda antara hitungan tersebut)
4.Pemograman diri (selfProgramming) :
  • Self Talk
  • Chanting
  • Affirmation
Memasuki Alpha Ringan hingga Alpha Dalam (Deep Alpha)Dijelaskan kemudian
Pengakhiran (Ending)Mengembalikan kondisi dari Deep Alpha ke BetaSebentar lagi proses self hypnosis saya selesaikan, Saya telah memprogram diri saya dengan kebaikan dan kesungguhan, seiring dengan hitungan yang saya ucapkan saya bangun dengan keadaan yang lebih segar, lebih termotivasi dan setiap keinginan menjadi sebuah kenyataan, Amiin… satu…dua….tiga….empat…lima
Langkah-langkah self hypnosis diatas dapat Anda kreasikan sesuai dengan intuisi dan daya kreativitas Anda, begitu juga dengan penggunaan waktu dan kalimat-kalimat yang digunakan.
Nah, Trus Bagaimana sebenarnya Pemograman Diri berupa Self-Talk, Chanting dan Affirmation tersebut? Silakan Nantikan Artikel Kelanjutannya (Part II).

Selamat Mencoba!


sumber : Buku Hipnoterapi Karya Andri Hakim, 2010


Rezky Daniel
- International Certified Hypnotherapist
- Founder Smart Hypnotist Center

Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228
Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi Sekarang Juga: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228
Via SMS TELP dan Whatsapp

Anda Menyukai artikel ini? Bagikan melalui :

Facebook Google+ Twitter
Join US