Tuesday, October 21, 2014

The Power of Reframing (Kekuatan Pembingkaian kembali)

Reframing atau Reframe adalah sebuah istilah yang tidak asing lagi bagi para pembelajar dan praktisi di dunia hipnosis dan NLP. Dari kata "Reframe" bisa dipisahkan menjadi "Re" & "Frame". "Re" dapat diartikan dilakukan kembali dan "Frame" dapat diartikan sebagai bingkai. Tujuan Reframe adalah agar kita dapat memaknai kembali suatu "Event" atau Kejadian (konten) dengan konteks, dan dari persepsi (atau sudut pandang) yang lebih memberdayakan diri kita.

Sebuah Kejadian pada prinsipnya adalah Netral , yang membuatnya bernilai positif atau negatif adalah Emosi atau Perasaan dari seseorang yang melihat, mendengar atau merasakannya (termasuk yang mencium atau mengecap) sehingga kejadian itu menghasilkan sebuah realitas di pikiran orang tersebut yang menyebabkan kejadian itu adalah positif atau negatif.

Berikut ini adalah Contoh Nyata yang pernah dilakukan oleh seorang Psikolog terkenal yang bernama Virginia Satir dalam sebuah sesi terapinya. Cerita ini sudah sangat diketahui oleh banyak orang, bagi anda yang sudah membacanya, semoga dapat belajar kembali.

Ini adalah sebuah kisah nyata tentang seorang Ibu, suaminya dan keempat anak lelakinya. Wanita ini adalah ibu yang sangat tanggap dan cekatan. Ia mampu mengatasi berbagai pekerjaan rumah tangga, termasuk belanja, memasak, mencuci hingga menjaga kebersihan rumah.

Ibu yang sangat senang dengan kebersihan ini paling tidak suka apabila karpet di rumahnya kotor. Padahal di rumahnya ia memiliki 5 anggota keluarga yang semuanya adalah laki-laki (suami dan keempat anak laki-lakinya). Dari kelima anggota tersebut, mungkin hanya satu orang saja yang memahami peraturan bahwa Ia tidak suka karpet kotor. Tentu saja hal ini membebaninya; keingin sebuah karpet yang selalu bersih.

Untuk mengatasi hal ini, keluarga wanita tersebut menyarankan agar dirinya bertemu dengan psikolog bernama Virginia Satir. Psikolog ini lalu mendengarkan cerita wanita tersebut dengan saksama. Kemudian sambil tersenyum, Virgina berkata, "Sekarang, Ibu tutup mata Ibu dan bayangkan apa yang saya katakan."

Wanita itu kemudian menutup kedua matanya. Ia mendengarkan instruksi dari sang psikolog, "Bayangkan rumah Ibu yang rapi dan karpet Ibu yang bersih mengembang, tak bernoda sedikitpun, tanpa kotoran, tanpa jejak sepatu, bagaimana perasaan Ibu?"

Sambil tetap menutup mata, sentum Ibu itu merekah, mukanya yang murung berubah cerah. Ia tampak senang dengan bayangan yang dilihatnya.

Virginia Satir melanjutkan, "Itu artinya tidak ada seorang pun di sisi Ibu. Tak ada suami, tak ada anak-anak, tak terdengar gurau canda dan tawa ceria mereka. Rumah Ibu sepi dan kosong tanpa orang-orang yang Ibu kasihi."

Mendengat apa yang dikatakan oleh Virginia, seketika wajah sang Ibu berubah keruh. Senyumnya seketika menghilang. Napasnya terburu seolah terisak. Ada guncangan dalam perasaannya serta langsung merasa gelisah memikirkan suami dan anaknya di rumah.

"Sekarang lihat kembali karpet itu. Ibu melihat jejak sepatu dan kotoran di sana. Artinya, suami dan anak-anak Ibu ada di rumah; orang-orang yang Ibu cintai ada bersama Ibu dan kehadiran mereka menghangatkan hati Ibu," ujar Virginia.

Ibu itu mulai senyum kembali. Ia bisa membayangkan hal di rumahnya kembali membaik.
"Sekarang bukalah mata Ibu", kata Virgnia. Lalu Ibu itu membuka matanya.

"Bagaimana, apakah karpet kotor masih menjadi masalah buat Ibu?"
Ibu itu tersenyum dan menggelengkan kepala.

"Aku tahu maksud Anda," ujar sang Ibu. "Jika kita melihat dengan sudut yang tepat maka hal yang tampak negatif dapat dilihat secara positif," simpulnya.

Jadi perhatikan lagi masalah yang sedang anda hadapi,
Apakah hal itu benar-benar sebuah masalah atau Pikiran anda sendiri yang menyimpulkan sesuatu itu adalah sebuah masalah?

Selamat melakukan Reframing!!


Rezky Daniel
- International Certified Hypnotherapist
- Founder Smart Hypnotist Center

Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228
Join US