Tuesday, October 21, 2014

Pertunjukan Hipnotis di TV apakah Asli atau Palsu?

Seorang Pria (anggap saja namanya Rudi), sedang menyaksikan sebuah acara atau pertunjukan Hipnotis di televisi. Rudi begitu takjub saat melihat Sang Penghipnosis dalam hitungan detik langsung membuat suyet "tidur" atau "tidak sadarkan diri", dan kemudian orang tersebut dapat "mengendalikan" si suyet dimana suyet melupakan angka dan nama dari pikirannya. Lalu Rudi semakin takjub saat si suyet tiba-tiba dapat memegang ular, padahal sebelum acara dimulai, si suyet memiliki phobia (ketakutan berlebih) kepada ular. Wow!


Sontak melihat hal ini, Rudi langsung melakukan komunikasi intrapersonal atau biasa disebut "self talk" atau bahasa gampangnya ngomong dalam hati.

"Wah, Rud, Sang Penghipnotisnya jago banget.. Dalam hitungan detik, orang lain langsung "tidur"", kata salah satu bagian dirinya.

"Iya nih.. keren banget..  kalo gue bisa melakukan seperti itu ke semua orang, gue sakti banget nih.." jawab bagian lain dari dirinya.
"Betul itu Rud, bahkan lo bisa nglakuin apa aja ama orang yang lo hipnotis, keren banget daaah.."jawab bagian lainnya lagi.

Aliran darah di tubuh Rudi terus meningkat dan gairah akan belajar hipnotis membuatnya membeli buku dan video tentang hipnosis. Saat hendak mempelajarinya, Susi (teman Rudi) , melihat yang dilakukan Rudi, 

"Rud, lo mau belajar Hipnotis?" tanya Susi
"Iya Sus, ini gue baru beli buku dan DVDnya." jawab Rudi
"Dalam rangka apa lo belajar?"
"Gini Sus, gue pengen bisa hipnotis kayak di TV itu lho.."
"Wah, loe ngga tahu ya, hipnotis yang TV itu "boongan" semua kale, yang dihipnotis itu pura-pura semua. Mau banget loe ditipuin belajar begituan." jawab Susi sambil tertawa puas.

Akhir cerita Rudi pun percaya yang dikatakan Susi, dan Buku serta DVDnya tidak pernah dipelajari sampai sekarang.

Yah, pasti banyak diantara kita yang memikirkan/merasakan hal yang sama atau mirip dengan percakapan di atas. Sebenarnya Pertunjukkan Hipnotis yang ditayangkan di televisi itu beneran atau bohongan?

Untuk menjawabnya, tentunya kita harus paham benar apa pengertian hipnotis dan bagaimana hipnotis bisa bekerja. Penjelasan mengenai Hipnotis dan Cara Kerjanya adalah hal yang pertama kali saya jelaskan secara detail disetiap training dan workshop yang Smart Hypnotist Center selenggarakan.

Untuk mempermudah dalam membaca artikel ini, maka kita harus samakan persepsi terlebih dahulu tentang penggunaan istilah "hipnotis". Mudahnya, Hipnotis kita sepakati diartikan sebagai orang yang melakukan hipnosis. Sedangkan Hipnosis adalah prosesnya.

Hipnotis adalah saduran dari kata "Hypnotist". Akhiran "ist" menunjukkan person atau seseorang yang melakukannya. Analogikan dengan kata Gitar (Guitar), dan orang menunjukkan person atau orang yang menggunakan gitar adalah gitaris atau Guitarist.

Hipnosis adalah saduran dari kata "Hypnosis". Mengacu kepada United State America Department of Education yang merupakan rujukan pengertian hipnosis secara internasional, “Hypnosis is the by-pass of the critical factor of the conscious mind followed by the establishment of acceptable selective thinking” atau “Hypnosis adalah penembusan faktor kritis pikiran sadar diikuti dengan diterimanya suatu pemikiran atau sugesti yang sudah diseleksi”.

Nah, sekarang bandingkan kembali dengan percakapan di atas, perhatikan tulisan di-bold , yaitu:
"Tidur"
"Tidak sadarkan diri"
"Mengendalikan"

Sekarang, Pertanyaannya adalah apakah ketiga kata tersebut sesuai dengan pengertian Hipnosis di atas? atau Apakah ada pernyataan yang menyatakan bahwa hipnosis itu adalah "Tidur" ?
Apakah ada pernyataan yang menyatakan bahwa hipnosis itu adalah "Tidak sadarkan diri" ?
Apakah ada pernyataan yang menyatakan bahwa hipnosis itu adalah "Mengendalikan" ?

padahal di pengertian di atas, hipnosis adalah :
  • penembusan faktor kritis pikiran sadar
  • diikuti dengan diterimanya suatu pemikiran atau sugesti yang sudah diseleksi (selective thinking)
Sebenarnya untuk bisa menyimpulkan sesuatu itu Asli atau Palsu, kita harus mengerti terlebih dahulu "sesuatu" yang dibicarakan itu seperti apa, dalam hal ini, "sesuatu" yang dimaksud adalah hipnosis. Lalu jika sudah paham pengertiannya, kita pahami apa berikutnya adalah "bagaimana cara melakukannya."

Secara sederhana hipnosis conventional atau formal hypnosis dapat dilakukan dengan melakukan 6 Tahapan/ steps yaitu :
1. Pre-Induction
2. Induction
3. Suggestion
4. Termination
5. Post Hypnotic
6. Normal

Untuk memahaminya lebih lanjut, baca artikel kami yang berjudul "6 Langkah Tahapan Melakukan Hipnotis" atau klik di sini!

Selain diatas, sebenarnya ada tahapan lainnya dalam melakukan hipnosis dimana proses induksi tidak mengharuskan si suyet "sleep trance" terlebih dahulu, namun tetap berada dalam kondisi hipnosis, ini biasanya dikenal dengan pendekatan informal hypnosis seperti : waking hypnosis, conversational hypnosis, ericksonian hypnosis, dkk.

Apabila sudah memahami Pengertian dan Caranya, maka kita tinggal mengamati dan membandingkan pertunjukkan hipnosis yang dilakukan di televisi dengan Hipnosis yang benar seperti apa. Cilakanya, sekarang ini banyak sekali orang-orang yang langsung menyimpulkan hipnosis itu seperti apa, padahal belum pernah mempelajari hipnosis itu secara mendalam. Lalu ada yang mungkin diantara anda bertanya, "emank manfaatnya belajar hipnosis ada ya? jika ada, manfaatnya apa?

Pertanyaan yang bagus sekali. Perhatikan, Sederhananya, hipnosis adalah pembelajaran yang menggabungkan komunikasi efektif dan psikologi untuk pemberdayaan diri. Jika anda ingin mengasah kemampuan komunikasi anda dan ingin mengalami transformasi diri (perubahan diri), sangat disarankan untuk mengikuti Training Hipnosis dan Hipnoterapi dengan standar nasional ataupun internasional. Ingin Tahu Penjelasan lengkap mengenai Manfaat Belajar Hipnosis? silakan klik di sini!

Makanya tidak heran, setelah belajar "The Real Art of Hypnosis" atau Hipnosis yang sebenarnya di Smart Hypnotist Center, malah banyak yang sudah mempraktekkan hipnosis yang seperti ditampilkan di televisi, bahkan banyak yang lebih hebat dan kreatif.

Nah, Jika anda sudah meyakinkan diri anda untuk mempelajari Hipnosis, Silakan Lihat Jadwal Pelatihan Hipnotis di Kota Anda di sini! dan bergabunglah bersama kami.

Salam Hipnosis
Dahsyat Luar Biasa!


Rezky Daniel
- International Certified Hypnotherapist
- Founder Smart Hypnotist Center

Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228
Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi Sekarang Juga: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228
Via SMS TELP dan Whatsapp

Anda Menyukai artikel ini? Bagikan melalui :

Facebook Google+ Twitter
Join US