Friday, April 4, 2014

Tutorial Teknik Hipnoterapi : Systematic Desensitization Method

Systematic Desensitization atau “graduated exposure therapy” adalah salah satu metode terapi perilaku yang berasal ranah keilmuan psikologi dan biasa diterapkan untuk menangani kasus-kasus phobia dan kecemasan (anxiety).


Konsep dasar dari metode ini adalah memberikan “latihan” kepada Klien untuk dapat menghadapi phobia atau kecemasan dimaksud dengan cara bertahap, mulai dari tahapan yang paling ringan sampai dengan riel. Metode ini dimaksudkan untuk menurunkan sensitifitas Klien terhadap phobia atau kecemasan, sehingga secara berangsur-angsur akan semakin berkurang sensitifitasnya, dan akhirnya menjadi hilang sama sekali atau tidak lagi sensitif.

Sebagai contoh, misalkan Klien memiliki phobia terhadap laba-laba, maka Klien ini justru dihadapkan kepada laba-laba, tetapi pada jarak tertentu dimana Klien tidak begitu sensitif, lalu berangsur-angsur obyek tersebut didekatkan sampai akhirnya benar-benar dekat dan tidak lagi sensitif. Diantara tahapan-tahapan ini biasanya Klien dipandu untuk memasuki relaksasi dan dapat merasakan turunnya tingkat sensitifitas.

Systematic Desensitization dalam Hipnoterapi
Metode Hipnoterapi membawa Klien ke kondisi hipnotik atau “trance”, dimana salah satu ciri dari kondisi ini seseorang dapat mengimajinasikan sesuatu dan seakan-akan mendekati realita, terutama dalam kondisi Deep Trance.

Dengan prinsip ini, maka Systematic Desensitization dapat diterapkan pada Hipnoterapi, bahkan dengan keuntungan penting, yaitu obyek tidak lagi perlu obyek yang riel (fisik). Karena dapat dibayangkan betapa repotnya ketika seorang Psikoterapis akan melakukan terapi kepada Klien dengan bermacam-macam Phobia, maka ia harus menyediakan berbagai obyek yang sesuai dengan Phobia dimaksud.

Dalam kondisi trance, berbagai Phobia yang selama ini sulit disimulasikan secara fisik dapat disimulasikan secara mudah, misalkan Phobia takut menaiki pesawat terbang.

Kondisi imajinasi dalam kondisi trance memang tidak sepenuhnya sama dengan kondisi riel, akan tetapi setidaknya sudah sangat mendekati, dan ini sudah sangat memadai untuk keperluan mengurangi sensitifitas Klien terhadap obyek dimaksud.

Teknik ini akan saya share dan demonstrasikan pada pelatihan saya. Teknik ini dapat anda gunakan untuk self hypnotherapy maupun untuk membantu orang lain dalam mengatasi permasalahan phobia khususnya. Oleh karena itu pastikan anda hadir dalam training saya berikutnya.

Selamat Belajar


Sumber : Situs Yan Nurindra


Rezky Daniel
- International Certified Hypnotherapist
- Founder Smart Hypnotist Center

Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228
Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi Sekarang Juga: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228
Via SMS TELP dan Whatsapp

Anda Menyukai artikel ini? Bagikan melalui :

Facebook Google+ Twitter
Join US