Monday, March 3, 2014

Tanda Bahwa Kita Belum Siap Belajar..??

Berdasarkan pengalaman saya dalam memberikan training, seminar dan motivasi kepada puluh ribuan peserta hingga saat ini, saya menemukan ada berbagai banyak jenis peserta yang hadir di dalam acara tersebut. Saya membagi Peserta ke dalam dua kategori, yaitu: Peserta yang Sudah Siap Belajar dengan Peserta yang Belum Siap Belajar. Nah, Jenis peserta yang menarik perhatian saya adalah peserta yang belum siap untuk belajar.

Lho, emang ada juga peserta yang hadir dalam suatu acara tetapi termasuk belum siap belajar..? Tentu saja ada.. Kelihatan mau belajar, tetapi sebenarnya belum belum siap untuk belajar.. Maksudnya apa?
Berdasarkan share dan pelajaran yang saya dapat dari Guru dan Sahabat saya Mas Arif RH, Beliau menjelaskan bahwa terdapat beberapa ciri kita belom siap belajar antaranya yaitu :
  1. Saat si narasumber berbicara, selalu ada hasrat untuk nyletuk, bahkan memotong pembicaraan, seolah ingin menunjukkan bahwa kita sudah tahu tentang apa yang akan dibicarakan.
  2. Sibuk mengoreksi narasumber dalam batin dengan kalimat misalnya, "itu bagusnya cara menyampaikannya begini ... kata-katanya bagusnya begini ..."
  3. Sibuk membandingkan narasumber yang sedang berbagi pengetahuan di depan kita dengan narasumber lainnya yang pernah diikuti..
Kenapa ketiga kebiasaan di atas menunjukkan sikap yang belum siap belajar?
Karena apabila dalam diri kita terdapat 3 hal di atas ... Itu pertanda bahwa "gelas" kita sudah penuh dan susah atau tidak siap untuk diisi pengetahuan baru... selain itu, apabila dibiarkan terus menerus ... Hal itu akan menjadikan ego sentris yang semakin kuat pada diri kita ... Melemahkan telinga dan memperkuat mulut ... Enggan mendengar, selalu ingin bicara ...

Bukankah dalam proses belajar, seharusnya kita lebih banyak menggunakan telinga untuk mendengarkan dan menyerap informasi sebanyak-banyaknya daripada mulut yang terus-terusan ingin belajar?

Apabila diri kita masih memiliki kebiasaan tersebut, maka kita masih belum siap untuk belajar.. dan percayalah... anda akan merasa "tidak mendapat manfaat atau pembelajaran".


Rezky Daniel
- International Certified Hypnotherapist
- Founder Smart Hypnotist Center

Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228
Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi Sekarang Juga: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228
Via SMS TELP dan Whatsapp

Anda Menyukai artikel ini? Bagikan melalui :

Facebook Google+ Twitter
Join US