Thursday, February 6, 2014

Sudah Melakukan Induksi seperti yang ada di Script, tapi Gagal Terus. Ada apa ya?

Jika kita berbicara mengenai Conventional Hypnosis maupun Hipnoterapi, biasanya memiliki pola baku : Pre-Induction --> Induction --> Therapeutic Procedure --> Termintation --> Post Hypnotic --> Normal. 

Jika anda belum memahami apa yang saya katakan barusan silakan baca terlebih dahulu artikel : 6 Langkah Tahapan Melakukan Hipnotis. Dalam melakukan Induksi, SUGESTI juga selalu melekat di dalamnya. Kenapa? sudah jelas, melakukan Induksi sama artinya memberikan SUGESTI kepada klien atau subjek hipnosis untuk memasuki kedalaman trance yang dibutuhkan (perpindahan gelombang pikiran dari beta ke alfa/teta).

Bagi orang awam yang baru belajar hipnosis, biasanya mereka sering sekali mempermasalahkan beberapa hal sebagai berikut:
"Pak, kok saya gagal terus nih Induksinya" , "Pak kok Subjek ga mau mengikuti sugesti kita biar tidur trance?", atau beberapa hal lainnya. 

Beberapa memberikan alasan bahwa mereka sudah melakukan semua hal yang diperlukan dalam menghipnosis. Benarkah demikian???
Sering sekali kita cenderung terpaku bahwa induksi dalam hipnosis berhasil semata-mata karena susunan kata atau script yang keluar dari ucapan operator hipnosis kepada klien/subjek, padahal tidak seperti itu, yaitu keberhasilan dalam Pre-Induction. Saat melakukan Pre-Induction, Klien/Subject akan saling berkomunikasi dan mejalin keakraban (building rapport). Tujuan Utama yang harus diraih di dalam Building Rapport adalah TRUST dan KESEDIAAN/KERJA SAMA. Kedua hal tersebut adalah satu kesatuan yang tidak boleh terpisah.

TRUST
Artinya kepercayaan yang diperoleh klien bahwa Operator adalah seseorang yang mampu menyelesaikan masalah mereka, atau memang mampu melakukan hipnosis kepadanya. Disini, kompetensi dan kredibilitas seorang Hipnotis atau operator hipnosis akan dinilai oleh klien. Selain percaya kepada Operator Hipnosis. Dalam hal ini juga akan terlihat figur otoritas seorang hipnotis. Mengenai Figur Otoritas akan saya jelaskan dalam artikel berikutnya. Ketika TRUST tercipta, maka klien akan menjadi lebih nyaman dan siap menerima induksi dari operator.

KESEDIAAN/KERJA SAMA
Hipnosis adalah upaya dua orang, dengan kerjasama antara subjek dan operator. Anda tidak bisa pasrah bulat-bulat kepada orang yang anda izinkan mengemudikan mobil anda. Namun ada kerjasama di sana sehingga salah besar jika dengan hipnosis, anda dapat memperbudak semua orang mengikuti kemauan anda.

======

Rezky Daniel
- International Certified Hypnotherapist
- Founder Smart Hypnotist Center

Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228
Join US