Tuesday, February 25, 2014

Cara Mudah untuk Bisa Berpikir Positif


Artikel ini sengaja saya tulis untuk menyikapi banyak pertanyaan yang masuk kepada saya bagaimana caranya agar selalu berpikir positif..?


Saat seseorang memutuskan untuk berpikir positif atau negatif, sebenarnya yang dilakukannya adalah memutuskan... yah benar, memutuskan... kaitannya? jika kita berbicara memutuskan berarti sebelumnya sudah memiliki berbagai pertimbangan-pertimbangan tertentu.. meskipun kadang pertimbangan-pertimbangan itu datangnya cepat sekali.. dalam bahasa NLP, pertimbangan-pertimbangan tersebut adalah "Map" seseorang terhadap sebuah teritori. Silakan baca artikel saya sebelumnya untuk memahami konsep Map is not the territory.

Pertimbangan-Pertimbangan tersebut muncul karena sebelumnya diawali adanya sebuah informasi yang masuk ke dalam pikiran kita. Pikiran kita setiap hari selalu menerima informasi yang ada baik secara visual (penglihatan), auditori (suara), kinestetik (perasaan), olfaktori (penciuman) dan gustatori (pengecapan).

Bagaimana kita merespon informasi yang masuk itulah sebagai kunci terpenting dalam menentukan bagaimana kita dapat berpikir negatif atau positif. Jika kita bisa tahu kuncinya, maka hidup kita akan dipermudah. Apa kuncinya? Kelola Informasi yang masuk tersebut. Betul sekali, cara termudah untuk mempermudah hidup kita adalah dengan mengelola pikiran dan perasaan kita dalam merespon suatu informasi.

Bagaimana cara mengelolanya? salah satunya dengan melatih flexibilitas. Ya lenturkan pikiran dan perasaan anda dalam memandang segala sesuatu. Sebisa mungkin berikan lebih banyak alternatif untuk merespon suatu hal. Masih bingung?

Baiklah, untuk memudahkan pemahaman kita semua, silakan perhatikan gambar di bawah ini dengan seksama :



Nah, kira-kira di atas gambar apa?
Pasti spontan anda akan berkata, "wah, tergantung pak.. tergantung dilihat dari sisi yang mana.."
saya bisa melihat gambar tersebut seperti seseorang yang menghadap ke depan, dan jika dilihat dari sisi lain, wajahnya menghadap ke samping."

Yes, TEPAT sekali!!
Semakin anda terbiasa bilang "tergantung dilihat dari sisi mana?" itu sama artinya dengan anda telah memiliki fleksibilitas dalam memutuskan sesuatu. Right?? Fleksibel membuat kita berpikr semakin lentur.

Sebenarnya kita berpikir negatif atau berperasaan negatif (marah, dll) itu disebabkan karena kita tidak memiliki alternatif lainnya atau berusaha untuk menghasilkan berbagai alternatif pilihan untuk menilai sesuatu..

Bagaimana caranya untuk dapat berpikir positif?
Tentu saja, perbanyak alternatif-alternatif pilihan dalam menyikapi sesuatu dan pilihlah sebuah keputusan yang memberdayakan diri anda.

Salah satu tipsnya, latih sebisa mungkin untuk berkata ,"tergantung, dilihat dari mana dulu.... " atau "untung aja, coba saja hal yang lebih parah terjadi..." , "hari ini hari keberuntunganku... apapun yang terjadi itu adalah tanda-tanda keberuntunganku..." dan sebagainya...

Sebenarnya sesuatu hal yang kita lihat, dengarkan, rasakan, cium, dan kecap adalah segala sesuatu yang bersifat netral.. Pikiran dan perasaan kitalah yang memaknai hal itu positif atau negatif..

Seekor Burung yang terbang tepat di atas anda mengeluarkan kotorannya dan mengenai wajah anda... Itu adalah kejadian yang bersifat netral...

Tapi Anda bisa memilih memaknainya dengan bersyukur atau marah... Lho, Emank hal itu bisa disyukuri? Tentu saja.. Anda bisa bilang dan berkata, "Syukur aja kerbau tidak bisa terbang.. Untung aja diatas gw itu burung, bukan kerbau.."

Latihlah Diri setiap hari untuk berpikir dan berperasaan positif.

Salam Sukses!!
Sukses untuk kita semua..

Rezky Daniel
- International Certified Hypnotherapist
- Founder Smart Hypnotist Center

Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228
Join US