Tuesday, February 25, 2014

Cara Hipnosis Cepat kepada Seseorang Yang Sulit dihipnosis

Bagi anda yang pecinta dunia hipnosis, khususnya bagi anda yang baru belajar hipnosis, memiliki kecenderungan menyukai bagaimana seorang hipnotis memperagakan teknik induksi cepat atau yang biasa dikenal dengan shock/rapid induction. Induksi tersebut membuat subjek "tidur" dalam hitungan menit bahkan detik.

Lalu sering kali juga di dalam setiap pelatihan, seorang trainer menjelaskan mengenai konsep tingkat sugestivitas... apa itu? tingkat sugestivitas adalah kemampuan seorang subjek menerima sugesti dengan baik. Seperti yang kita ketahui, tingkat sugestivitas umumnya dibagi tiga, yaitu :
1. Tingkat Sugestivitas Tinggi
2. Tingkat Sugestivitas Moderat
3. Tingkat Sugestivitas Rendah.

Berdasarkan Stanford Hypnotic Susceptibility Scale (SHSS), tingkat sugestivitas rendah berjumlah 5% dari populasi, tingkat sugestivitas moderat berjumlah 85%, dan tingkat sugestivitas tinggi berjumlah 10% (sebenarnya konsep persentase ini masih bisa diperdebatkan. Saya akan mengulas hal ini di artikel berikutnya)

Jika dikatakan tingkat sugestivitas rendah, berarti dapat diartikan subjek tersebut menerima dan memahami sugesti dari seorang hipnotis dengan kurang baik. Banyak faktor yang menyebabkann hal ini :
Faktor Pertama : Subjek belum bersedia bekerja sama dengan Hipnotis.
Hipnosis adalah sebuah proses kerja sama antara hipnotis dengan subjek. Oleh karena itu, yang perlu dilakukan oleh setiap hipnotis adalah meminta kesediaan seorang subjek untuk dihipnosis.

Faktor Kedua : Subjek memiliki resistensi terhadap Hipnosis
Bukan sebuah rahasia umum lagi, bahwa banyak sekali yang menganggap hipnosis adalah sesuatu yang berkaitan dengan hal mistis dan tidak masuk akal, selain itu banyak sekali ketakutan yang dirasakan oleh subjek, seperti ketakutan bahwa pikirannya akan dikendalikan, ketakutan bahwa seluruh rahasianya akan terungkap, dan sebagainya. Oleh karena itu Seorang Hipnotis harus bisa memberikan gambaran dan pemahaman yang jelas mengenai konsep hipnosis. Hal ini akan memberikan kenyamanan terhadap hipnotis dan dapat menikmati setiap sugesti yang diberikan.

Faktor Ketiga : Pemilihan Bahasa Sugesti yang kurang bisa diterima oleh Subjek.
Sering sekali kita melihat seorang hipnotis berkata, "Masuki alam tidak sadar anda. jauh lebih dalam.." Saya pastikan kalimat ini lebih banyak gagalnya daripada berhasilnya khususnya kepada seseorang yang memiliki tingkat sugestivitas rendah. Kenapa? karena seseorang dengan tingkat sugestivitas rendah, akan benar-benar mencerna setiap kata yang diucapkan oleh sugesti. Kurang tepatnya adalah, kalimat sugesti yang barusan akan membuat si subjek bertanya, "alam tidak sadar itu yang bagaimana ya..?" atau "Sekarang ini udah masuk alam tidak sadar belum ya.. kok masih sadar-sadar juga..??" atau bisa jadi "saya masih sadar ni.. berarti saya gagal dihipnosis".
Daripada mengatakan masuki alam tidak sadar, lebih baik diganti dengan ,"rasakan rileksasi dan kenyamanan di pikiran dan seluruh tubuh anda.."

Normalnya, saat bertemu dengan tingkat sugestivitas rendah, yang dilakukan oleh seorang hipnotis adalah melakukan relaksasi progresive atau dave elman... Tapi sering sekali saya juga temui kegagalan juga di dalamnya. Kenapa? tepat sekali, karena ketiga faktor di atas, belum dipahami dengan benar oleh si hipnotis.

Trus, Bagaimana Caranya agar melakukan Induksi Cepat kepada Tingkat Sugetivitas Rendah??
Tips Pertama : Lakukan Hypnotic Training.
Sebelum melakukan induksi, lakukan latihan-latihan ringan terhadap hipnosis, seperti penjelasan konsep hipnosis sehingga ketiga faktor tersebut di atas tidak dimiliki oleh seorang subjek. Selain itu berikan beberapa latihan tes sugestivitas... Tujuannya untuk membiasakan subjek dalam menerima sugesti hipnotis.

Tips Kedua : Naikkan Tingkat Sugestivitas menjadi Tinggi
Yup benar sekali, apabila tips pertama berhasil dilakukan, tingkat sugestivitas subjek otomatis akan meningkat.. Setelah itu, yang perlu dilakukan adalah meminta agar si subjek untuk bersedia menurunkan tingkat keaktifan berpikirnya.. Betul, minta agar si subjek benar-benar bersedia, tanpa mempertanyakan banyak hal yang tidak produktif. Klien cukup diminta untuk rileks dan fokus kepada si hipnotis.

Setelah Itu Silakan dicoba dengan melakukan Induksi Cepat.. Semoga Berhasil.
Tips di atas bisa saja tidak berhasil dengan berbagai alasan, salah satunya adalah Orang tersebut sangat sulit untuk fokus dan susah untuk rileks.




Rezky Daniel
- International Certified Hypnotherapist
- Founder Smart Hypnotist Center

Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228
Join US