Monday, April 15, 2013

Tutorial Teknik Hipnoterapi : Parts Therapy


 
Perilaku yang sangat sulit diubah pada umumnya berakar kepada suatu “keuntungan tersembunyi” yang terdapat pada perilaku dimaksud, disebut juga sebagai “Secondary Gain”.
Secara sederhana, dalam diri klien terdapat 2 pribadi yang saling bertentangan, dimana satu pihak berusaha untuk menuju perubahan yang diinginkan, sedangkan di sisi lain terdapat pihak yang berusaha mempertahankan perilaku dimaksud karena adanya “Secondary Gain”.

Sebagai contoh, seorang klien, pecandu narkoba, mendatangi suatu sentra terapi, untuk mendapatkan penyembuhan. Artinya secara sadar yang bersangkutan berkeinginan untuk sembuh, tetapi selama ini sangat sulit dan membuatnya masih terjebak di lingkaran setan kecanduan narkoba ini. Berdasarkan teori Parts Therapy, dapat dilakukan analisa sebagai berikut :

Satu sisi pribadi dari klien ini berkeinginan untuk sembuh dari kecanduan narkoba, dengan suatu alasan yang sangat jelas, bahkan sesuai dengan keinginan di kesadaran normalnya.

Satu sisi pribadi lainnya dari klien ini, justru berupaya mempertahankan kebiasaan mengkonsumsi narkoba ini. Kenapa ? Karena terdapat suatu alasan yang juga sangat kuat dan pada dasarnya memiliki “maksud yang baik”.

Kedua sisi pribadi yang saling bertolak belakang ini, masing-masing memiliki kekuatan yang sama, sehingga klien mengalami kesulitan untuk menghentikan kebiasaannya mengkonsumsi narkoba.

Dalam teknik Parts Therapy, seorang Hipnoterapis harus dapat melakukan mediasi (pendamaian) antar kedua sisi pribadi yang saling bertentangan ini, agar berdamai, dan akhirnya selaras untuk menuju ke arah yang seharusnya, yaitu arah perubahan positif.

Teknik Parts Therapy dipopulerkan oleh seorang Hipnoterapis dari USA, yaitu Charles Tebbetts.

***

Secara teknis, berikut ini langkah-langkah dalam Parts Therapy :

  1. Induksi, Deepening, upayakan klien mencapai kedalaman setidaknya di medium trance.
  2. Hipnoterapis melakukan identifikasi dan pemisahan kepribadian klien sehingga menjadi 2 bagian yang saling bertolak-belakang.
  3. Setelah dilakukan pemisahan kepribadian secara tegas (benar-benar terpolarisasi), maka kepada masing-masing pribadi dilakukan penggalian lebih mendalam, dengan maksud untuk mengetahui alasan atau latar belakang dari masing-masing sisi kepribadian ini dalam membentuk motivasi dan perilaku dari klien. Dalam proses penggalian ini, Hipnoterapis berkomunikasi dengan masing-masing kepribadian ini (bukan ke klien, tetapi ke kepribadiannya), komunikasi dilakukan secara verbal (bukan via Ideo Motor Response).
  4. Setelah penggalian dilakukan dengan seksama, dan telah diperoleh berbagai hal yang diperlukan, maka Hipnoterapis harus melakukan “leading” untuk memotivasi agar sisi kepribadian yang “menghambat” dapat menuju ke sisi pribadi yang ingin “berubah”. Teknik yang dipergunakan harus benar-benar melibatkan empati agar pergerakan motivasi dari kepribadian yang “menghambat” ini berlangsung secara “smooth”.
  5. Setelah kedua kepribadian ini mulai “bertemu” di titik yang positif, maka Hipnoterapis harus melakukan peng-integrasian motivasi antara kedua kepribadian ini. Pada sesi ini biasanya dapat berlangsung Abreaction (pelepasan emosi) yang lebih bernuansa keharuan.
  6. Hipnoterapis harus melakukan konfirmasi terhadap klien untuk meyakinkan bahwa klien telah memasuki kondisi yang sangat positif.
  7. Setelah Parts Therapy dilakukan dapat ditambahkan pemberian : Anchor, dan juga Direct Suggestion.

Selamat mencoba teknik Parts Therapy …….

Written by :
Yan Nurindra  (President of The Indonesian Board of Hypnotherapy)




Sudahkah Anda mendownload E-Book GRATIS dari Kami..?
RAHASIA MENJADI SEORANG MASTER HIPNOTIS..??
Download Sekarang Juga ya...(Klik Gambar di bawah ini)


HUBUNGI CUSTOMER SERVICE :


Call Center (Work Hour) :
081212053862 / PIN BB: 2938AEEE

E-mail :
smarthipnotis@gmail.com

Alamat Kantor :
Jalan Pondok Betung Raya No.87A Bintaro, Tangerang Selatan. 15221



Rezky Daniel
- International Certified Hypnotherapist
- Founder Smart Hypnotist Center

Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228
Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi Sekarang Juga: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228
Via SMS TELP dan Whatsapp

Anda Menyukai artikel ini? Bagikan melalui :

Facebook Google+ Twitter
Join US