Wednesday, April 3, 2013

Tutorial Teknik Hipnoterapi : Age Regression



Age Regression atau biasa disingkat dengan “regression” atau regresi, adalah suatu teknik untuk mengakses memori masa silam. Teknik ini wajib dikuasai oleh mereka yang ingin belajar hipnoterapi, karena beberapa kasus kemungkinan membutuhkan penerapan teknik ini.


Secara teoritis, seluruh peristiwa dalam kehidupan akan direkam di memori, seperti layaknya berupa data di sebuah harddisk komputer, baik data kronologis, maupun emosi dan persepsi yang menyertainya. Dalam kondisi “Hypnos”, klien dapat dipandu untuk mengakses data yang terdapat di memori-nya.

Regression merupakan teknik khas dari hipnoterapi yang tidak terdapat di teknik lainnya. Kenapa ? Karena membutuhkan kondisi trance yang de-facto merupakan are dari pengetahuan Hypnosis.

Dalam konteks terapi, Regression dipergunakan pada kasus-kasus sebagai berikut :

Mencari Akar Permasalahan (Discovering Root Cause) :
Untuk suatu suatu kasus yang diduga berkaitan dengan persitiwa yang pernah terjadi di masa lalu. Dalam hipnoterapi akar permasalahan dikenal dengan istilah Initial Sensitizing Event (ISE) atau kejadian yang merupakan akar permasalahan, dan Subsequent Sensitizing Event (SSE) atau kejadian-kejadian yang memperkuat akar permasalahan.

Mencari Data Yang Terlupakan :
Secara teoritis, pikiran bawah sadar dapat mengakses memori dengan sangat detail, bahkan sampai dengan menampilkan kembali suatu peristiwa atau pengalaman di waktu tertentu dalam orde tanggal & jam. Kemampuan pikiran bawah sadar ini dapat dimanfaatkan untuk mencari data yang terlupakan (misalkan : mencari benda atau nama orang yang terlupakan).

Mengalami Kembali Suatu “State” Positif Tertentu :

Regression dapat membantu klien untuk mengalami kembali suatu kepribadian positif di masa tertentu, sehingga dapat dimanfaatkan untuk memberdayakan kondisi saat ini. Teknik ini disebut juga dengan “Part Personality Retrieval”. Sebagai contoh, setiap orang di masa muda pasti memiliki suatu keadaan yang sangat positif (semangat, perilaku, kepribadian, dsb), dan mungkin hal ini sudah tidak membekas lagi di masa tua. Melalui teknik regresi dapat dilakukan “penarikan” kembali dan mengintegrasikannya dengan kepribadian saat ini.

***

Regression merupakan teknik yang dapat memicu “resiko” tertentu, karena obyek dari teknik ini adalah memori masa silam. Oleh karena itu seorang Hipnoterapis harus benar-benar memahami dengan baik seluruh sistem & prosedur Age Regression, serta berlatih dengan baik, sebelum menerapkannya sebagai bagian dari proses therapeutic terhadap klien yang sesungguhnya.

***

Pada dasarnya terdapat 2 jenis kualitas Regression, yaitu :

Revivification
Teknik Regression yang dapat membawa klien untuk “mengalami kembali secara nyata” atas suatu peristiwa yang pernah dialami. Revivification memunculkan emosi dan persepsi yang hadir bersama persitiwa dimaksud.

Hypermnesia
Teknik Regression yang membawa klien untuk “mengingat secara kuat” kronologis dari suatu peristiwa, tetapi tidak atau kurang menyertakan emosi dan persepsi yang hadir bersama peristiwa dimaksud.

***

Bagaimana cara melakukan Regression yang benar dan aman ? Bagaimana membedakan hasil Regression, apakah pada kualitas Revivification ataukah Hypermnesia ? Silakan Ikuti Pelatihan Hipnosis dan Hipnoterapi dari The Indonesian Board of Indonesia.

***
Written by :
Yan Nurindra  (President of The Indonesian Board of Hypnotherapy)




Sudahkah Anda mendownload E-Book GRATIS dari Kami..?
RAHASIA MENJADI SEORANG MASTER HIPNOTIS..??
Download Sekarang Juga ya...(Klik Gambar di bawah ini)



Rezky Daniel
- International Certified Hypnotherapist
- Founder Smart Hypnotist Center

Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228
Join US